SENIN , 15 OKTOBER 2018

Sukses Dongkrak Wisata Kuliner, Disparekraf Makassar Tuai Pujian

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 14 Maret 2017 11:36
Sukses Dongkrak Wisata Kuliner, Disparekraf Makassar Tuai Pujian

Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI, Vita Datau M, memberikan arahan pada koordinasi pembangunan wisata dalam rangka percepatan pengembangan destinasi wisata kuliner dan belanja di Quality Plaza Makassar, Senin (13/3). foto: suryadi maswatu/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar menuai pujian dari tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI.

Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI, Vita Datau M, mengatakan, sangat apresiasi komitmen Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata dalam mempromosikan kuliner dan destinasi wisata di dunia internasional.

“Kami dari Kementerian Pariwisata RI sangat apresiasi atas capaian yang dilakukan oleh kota Makassar, karena kuliner jadi nomor satu saat ini,” ujarnya saat pelaksanaan koordinasi pembangunan wisata dalam rangka percepatan pengembangan destinasi wisata kuliner dan belanja di Quality Plaza Makassar, Senin (13/3).

Menurutnya, kuliner di Kota Makassar adalah aset yang perlu dipelihara dan ditingkatkan untuk bersaing dengan daerah lain perihal ku jangan wisata mancanegara di berbagai provinsi di Indonesia.

Beragam jenis kuliner yang dimiliki Kota Makassar, lanjut dia, merupakan satu keunggulan dalam pariwisata. Wisatawan dapat menikmati makanan dan minuman dengan berbagai olahan yang menggugah selera.

“Dunia kuliner saat ini di Indonesia pada umumnya dan di Kota Makassar khususnya sedang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Pesatnya kuliner di kota Makassar ini, tentunya akan berimplikasi pada meningkatnya kunjungan wisata dari luar,” katanya.

Dia menambahkan, pelaksanaan koordinasi pembangunan wisata dalam rangka percepatan pengembangan destinasi wisata kuliner dan belanja merupakan tindak lanjut dari MoU Disparekraf Kota Makassar dengan Kementerian Pariwisata RI, perihal akselarasi wisata kuliner dan belanja di Kota Makassar.

[NEXT-RASUL]

“Kita ingin Pemkot Makassar punya ide cukup bagus ditingkatkan. Inilah kita lakukan pendampingan untuk Sama-sama membangun percepatan wisata kuliner di Makassar,” pungkasnya.

Tekad Disparekraf Kota Makassar untuk wujudkan destinasi baru terus dikembangkan untuk menggenjot wisatawan mancanegara berdatangan di Kota Daeng.

Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata Disparekraf Makassar, Andi Karunrung, menuturkan, saat ini pihaknya tengah fokus mempromosikan beberapa item pariwisata di Kota Daeng.

Promosi tersebut, lanjut dia tak hanya di dunia nyata melainkan melalui dunia digital dan dunia maya sehingga diketahui keunggulan wisata Makassar dimata dunia.

“Tentu Ada beberapa item pariwisata yang kita fokuskan di tahun ini. Antara lain wisata kuliner, wisata bahari, wisata sejarah, wisata Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE), ini semua kita akan promosikan,” katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini kuliner Makassar sangat terkenal kelezatannya, baik dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga wisata kuliner tentu dapat dijadikan sebagai andalan pariwisata untuk menarik perhatian wisatawan.

Diketahui, jenis kuliner milik Makassar antara lain, adalah baroncong, coto Makassar, es pallubutung, ikan bakar parappe, ikan pallu kaloa, ikan pallumara, jalangkote, kepiting lada hitam, konro, konro bakar. Selanjutnya ada lumpia, mi kering, nasi kuning, nyuknyang, otak otak, pallu basa, pisang epe, pisang ijo, songkolo, serta sop saudara.

“Tujuan kegiatan ini, meningkatkan daya saing destinasi wisata kuliner dan belanja meningkatkan kualitas destinasi,” pungkasnya. (***)


div>