SABTU , 20 OKTOBER 2018

Sulit Bebaskan WNI yang Disandera Abu Sayyaf

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 27 April 2016 11:21
Sulit Bebaskan WNI yang Disandera Abu Sayyaf

int

RakyatSulsel.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui kesulitan untuk membebaskan 14 orang anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang disandera Abu Sayyaf.

Kesulitan itu akibat 14 WNI itu disandera di wilayah Filipina. Jikapun Indonesia mengerahkan TNI untuk membebaskan WNI itu, maka harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah Filipina.

”Kita harus sadar bahwa itu berada di negara lain. Kalau kita ingin masuk ke sana, harus ada izin. Kalau kita ingin mengerahkan TNI misalnya, itu juga perlu izin. Pemerintah Filipina pun juga harus mendapat persetujuan dari parlemen. Ini yang memang sangat menyulitkan kita,” ujar Jokowi di Istana negara (27/4).

Kendati demikian, imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu, meskipun demikian kondisi para ABK yang menjadi sandera pelaku teroris itu masih dalam keadaan baik. ”Sampai saat ini kondisi para sandera masih baik. Tidak ada masalah,” tuturnya.

Presiden memastikan bahwa komunikasi terus dilakukan, baik itu dengan pemerintah Filipina maupun dengan pihak yang menyandera.

Ke depan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kembali penyanderaan warga negara Indonesia oleh kelompok teroris Abu Sayyaf, Presiden akan mengadakan patroli bersama pemerintah Filipina dan Malaysia agar kawasan di sekitar ketiga negara lebih kondusif.

”Minggu ini kita akan undang panglima dari Malaysia dan Menlu Malaysia serta Panglima Filipina dan Menlu Filipina. Minggu ini kita akan ketemu di sini, kita akan mendiskusikan kemungkinan untuk melakukan patroli bersama sehingga memastikan bahwa kawasan itu betul-betul pada kondisi aman,” ujarnya.

[NEXT-RASUL]

Disinggung mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan agar para sandera dapat dibebaskan, Presiden menjelaskan kesulitan-kesulitan yang dihadapi di lapangan. Antara lain yakni posisi sandera yang terus dipindah oleh kelompok Abu Sayyaf. “Tapi Insya Allah segera kita selesaikan,” pungkasnya. (adn/iil/JPG)


Tag
  • Abu Sayyaf
  •  
    div>