KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Sulsel Dijatah Empat Kursi Senator

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Selasa , 03 April 2018 13:15
Sulsel Dijatah Empat Kursi Senator

Kantor KPU Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan kuota kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) RI perwakilan provinsi Sulsel periode 2019/2024.
Komisioner KPU Sulsel, Khairul Mannan mengatakan jumlah kuota dari Sulsel untuk duduk di kursi DPD RI tak berubah yakni maksimal empat orang.

Menurutnya, jumlah perwakilan itu, tak dilihat dari jumlah penduduk. Akan tetapi berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang berlaku saat ini.

“Untuk kuota DPD, setiap provinsi hanya empat perwakilan. Jadi biar 500 calon, yang lolos hanya empat orang,” kata Khairul.

Diketahui, penyerahan dukungan KTP calon Senator mulai tanggal 22 April mendatang. Minimal, calon harus menyetor 3000 dukungan dari 12 kabupaten/kota di Sulsel.

Khairul Mannan menuturkan, proses pendaftaran DPD RI syarat dukungan dan calon sama seperti tahun lalu. Hanya saja kata dia, yang berbeda saat ini pendaftaran melalui online dan dukungan perorangan harus E-KTP.

“Mulai tahapan sosialisasi calon DPD di kantor KPU Sulsel. Aturan regulasi syarat dan jumlah dukungan sama seperti dulu. Sekarang hanya lewat online dan e-KTP,” ujarnya.

Khairul menjelaskan, bagi para calon anggota DPD RI yang ingin mendaftar, maka saat ini ada beberapa persyaratan khusus yang berbeda dari sebelumnya yakni mendaftar melalui aplikasi Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP).

“Tanggal 22-26 April penyerahan dukungan ke KPU. Sedangkan Pendaftaran mulai tanggal 9-11 Juli 2018,” tuturnya. (*)


div>