JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Sulsel Disarankan Kembangkan Industri Berbasis SDA

Reporter:

Rusman

Editor:

Lukman

Minggu , 18 Maret 2018 18:00
Sulsel Disarankan Kembangkan Industri Berbasis SDA

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pengembangan sektor industri di Sulsel diakui semua pihak masih jauh dari harapan. Akibatnya kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masih sangat kecil yakni hanya 14 persen.

Sekaitan dengan hal ini, Agus Salim, akademisi Unhas menyarankan, dengan melihat potensi maka industri yang layak dikembangkan di Sulsel dengan berbasis sumber daya alam (SDA).

Ia berpendapat, Pemprov Sulsel mendorong industri unggulan dan strategis dengan memanfaatkan SDA yang dimiliki tersebut.

Sebab kondisi faktor pendukung seperti infrastruktur jauh lebih maju sebagaimana hasil penelitian Nation University Singapura (NUS) bahwa Sulsel daerah yang mudah untuk berinvestasi.

“Jadi tidak ada alasan bagi industri Sulsel tidak bisa berkembang karena aspek pendukungnya sudah maju,” beber Dosen Fakultas Ekonomi Unhas ini.

Memang, kata dia, masih ada permasalahan yang dihadapi yakni ketersediaan SDA dan kemauan dari pengusaha untuk menginvestasikan modalnya pada sektor industri.

Agus Salim menyarankan, pengusaha tidak hanya berinvestasi pada sektor perdagangan dan pertanian saja karena kedua sektor ini kurang menyerap tenaga kerja.

Sementara tenaga kerja Sulsel yang menganggur cukup banyak dimana 60 persen diantaranya dari kalangan terdidik khususnya lulusan sekolah lanjutan atas.

Ia melihat, sektor industri di Sulsel kurang berkembang akibat kurangnya dukungan keuangan dari perbankan dan lembaga keuangan lainnya. “Memang harus diakui sektor industri Sulsel kurang berkembang karena kurang pendanaan,” ucap dia saat dialog publik yang diselenggarakan Mandiri Grup dengan Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJi) ini.

Namun dia katakan, perbankan juga tidak serampangan menyalurkan bantuannya apabila tidak memiliki data akurat dari pelaku usaha tentang usahanya.

Untuk itu dia imbau, perlunya sinkronisasi antar perbankan dengan pelaku usaha sektor industri agar bisa maju. (*)


div>