SENIN , 17 DESEMBER 2018

Sulsel Layak Percontohan Ekonomi di Indonesia

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Rabu , 21 Februari 2018 10:00
Sulsel Layak Percontohan Ekonomi di Indonesia

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Marwan Cik Hasan. Foto: Rusman/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pertumbuhan ekonomi Sulsel yang terus membaik sejak empat tahun terakhir. Menjadikannya bakal dijadikan model bagi daerah lainnya di Indonesia.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Marwan Cik Hasan di Hotel Thr Rinra Makassar, menuturkan, maksud kedatangannya bersama lembaga keuangan ke Sulsel untuk membicarakan masalah ekonomi.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Sulsel yang melampaui ekonomi nasional sejak empat tahun terakhir menjadikannya dilirik sebagai model bagi daerah lainnya.

Legislator dari Fraksi Demokrat ini, menilai, Sulsel pantas dijadikan model pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena sejumlah keberhasilannya. Yakni indistri perbankan meningkat, kredit macet rendah, dan penyaluran kredit usaha rakyat mencapai 98 persen yang melampaui capaian nasional.

Sehubungan dengan keberhasilan inilah, maka Komisi XI DPR RI membicarakannya dengan Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Otoritas Jasa Keuangan dan Jamkrindo, dan lain-lainnya.

“Pertumbuhan ekonomi Sulsel yang selalu berada di atas capaian nasional sejak empat tahun terakhir menjadikannya layak jadi model perekonomian bagi daerah lain di Indonesia,” ujarnya.

Marwan mengharapkan Kementerian Perkonomian memberikan atensi yang lebih besar kepada Sulsel terkait dengan keberhasilannya menjaga pertumbuhan ekonomi yang membaik meskipun perekonomian dunia mengalami perlambatan.

Khususnya pada dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dimana perlu mendapatkan porsi yang lebih besar karena penyalurannya mencapai 98 persen dibandingkan secara nasional hanya 90 persen.

Untuk itu, Komisi XI DPR RI juga mendiskusikan kondisi ekonomi makro di Sulsel dengan lembaga keuangan di daerah ini.

Ia meminta lembaga keuangan, seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) lebih diberdayakan dalam penyaluran kredit kepada masyarakat. (*)


div>