MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Sulsel Masuk 10 Pebesar Pengguna Narkoba

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 28 April 2016 15:07

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Maraknya penyalagunaan narkotika di Indonesia saat ini, bisa dikatakan sudah gawat Narkoba. Hal itu diungkapkan Kepala bagian Hubungan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Kombespol Slamet Pribadi. Dia mengatakan, Sulsel hingga saat ini sudah memasuki peringkat ke sepuluh penyalagunaan Narkotika, berdasarkan hasil penelitian BNN dan Puslitkes Universitas Indonesia pada tahun 2015.

“Sulsel menempati peringkat ke-9 dalam catatan BBN pusat dengan jumlah pengguna mencapai 138.937 orang dari jumlah penduduk 6,1 juta orang dengan sekitar 2,27 persen. Artinya penyalagunaan di sini besar, penggunaan besar, konsumsi besar dan pastinya pemasoknya juga besar. Ini berlaku hukum ekonomi, semakin besar permintaan maka semakin besar penawaran,” katanya.

Masuknya Sulsel pada peringkat ke sepuluh, sehingga pihaknya melakukan kerja sama dengan Komunikasi dan Informatika untuk melakukan sosialisasi. Dalam sosialisasi tersebut melibatkan perwakilan pelajar SMP dan SMA se-kota Makassar di Hotel Santika Kamis (28/4).

“Kita melakukan pemahaman kepada ke generasi muda mengenai dampak dan bahayanya narkotika pada diri dan masa depan mereka sebagai generasi bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Slamet mengatakan kepada seluruh para pelajar jika narkotika tidak sehat, dan merupakan virus dan sampah untuk tubuh. “Yang ideal, narkotika harus dijauhi dan hanya boleh diguakan untuk ilmu pengetahuan, medis, penelitan dengan cara yang sah, bukan disalah gunakan,” ujar Slamet.


div>