RABU , 17 OKTOBER 2018

Sulsel Miliki Potensi Listrik Geothermal

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 22 September 2017 13:00
Sulsel Miliki Potensi Listrik Geothermal

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Provinsi Sulawesi Selatan ternyata punya potensi menghasilkan energi geothermal atau energi panas bumi. Berdasarkan data Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Sulsel, terdapat empat daerah di Sulsel yang sangat berpotensi menghaslikan energi terbarukan itu.

Sekertaris Dinas ESDM Sulsel, Syamsul Bahri, mengatakan empat daerah tersebut diantaranya Bantaeng, Bulukumba, Gowa, dan Sinjai.

Syamsul mengatakan, potensi listrik dari tenaga panas bumi pada empat daerah ini bahkan sudah menjadi objek penelitian bagi beberapa investor yang tertarik. Jika ini terwujud, maka potensi energi panas bumi ini menjadi yang pertama di Sulawesi.

“Kalau dari hasil kajian terbukti ada, maka ini akan menjadi Pembangkit Listrik Geothermal yang pertama ada di sini. Sebelumnya, sudah ada di Jawa Barat,” kata Syamsul.

Syamsul menambahkan, potensi pengembangan energi terbarukan di Sulsel cukup besar, apalagi wilayah Selatan.

“Makanya, kami membuka diri terhadap investor yang berminat untuk melakukan penelitian terhadap energi terbarukan yang kemudian dikembangkan untuk menjadi listrik,” tambahnya.

Sementara itu, mengenai potensi investasi untuk pembangkit listrik di Sulsel, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengakui pihaknya membuka diri terhadap investasi untuk sektor kelistrikan.


div>