SELASA , 18 DESEMBER 2018

Sulsel Peringkat Tiga Terbanyak Serap ADD

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Kamis , 01 Desember 2016 11:31
Sulsel Peringkat Tiga Terbanyak Serap ADD

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. foto: rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengungkap alasan Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke salah satu desa di Kabupaten Maros, Desa Pabbentengan, Kecamatan Marusu.

Syahrul mengatakan, presiden mengunjungi desa tersebut untuk melihat langsung hasil pembangunan dari dana desa.
Provinsi Sulsel, kata Syahrul masuk ranking tiga besar dari seluruh Indonesia untuk penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp1 miliar.

“Kemarin sengaja melihat desa kita. Karena Sulsel ini termasuk ranking tiga besar,” tutur Syahrul diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (1/12).

Syahrul menjelaskan, implementasi dari penyerapan dana desa di Sulsel berada di atas 90 persen. “Jadi seperti itu pengakuan menteri desa di hadapan presiden. Kenapa Pak presiden memilih Sulsel karena itulah, salah satu yang terbaik. Seingat saya, hanya dua desa yang bersoal di Sulsel, dan dua desa itu sudah berproses hukum,” jelasnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo sebelumnya meninjau drainase yang berfungsi ganda, yakni sebagai saluran air sekaligus jalan akses warga.

Jalan sepanjang 168 meter ini dibiayai dana desa sebesar Rp225 juta tahun 2016. Sedangkan bak penampungan air yang juga ditinjau Jokowi merupakan unit usaha dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memiliki lebar 2×7 meter dengan tinggi bak mencapai 7 meter.

Sumber airnya berasal dari air tanah dengan menggunakan sumur bor. “Pembangunannya sejak tahun 2015, tapi baru difungsikan tahun 2016 ini karena terkendala dana. Kan ini dana swadaya masyarakat,” ujar Syahrul.

Dari penampungan air ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih 800 KK di Pabbentengan. (***)


div>