SELASA , 22 MEI 2018

Sulsel Siap Jadi Cadangan Tuan Rumah

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 21 September 2012 10:41
Sulsel Siap Jadi Cadangan Tuan Rumah

Salah satu spanduk kontingen Sulawesi Selatan di GOR Tri Buana Pekanbaru. Di GOR ini dilaksanakan pertandingan karate dan judo.

Salah satu spanduk kontingen Sulawesi Selatan di GOR Tri Buana Pekanbaru. Di GOR ini dilaksanakan pertandingan karate dan judo.

Wakil Ketua III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan, Marzuki Wedang menyatakan, Sulsel siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 nanti. Meski Jawa Barat sudah ditetapkan, Sulsel siap menjadi tuan rumah cadangan.

“Kita siap untuk PON mendatang. Siapa tahu terjadi hal-hal di Jabar, kita bisa menggantikannya. Kita hanya satu tahun persiapan saja, ” kata Marzuki, Kamis (20/9) kemarin.

Sebenarnya Sulsel punya jatah tuan rumah pada PON XX 2020, namun dirasa masih lama. Karena itu, kata Marzuki, Sulsel siap menjadi cadangan dari Jabar.

Sementara itu, Wakil Ketua III KONI Sulsel, Marzuki Wadeng, menyebutkan infrastruktur venue tiap cabor di Sulsel untuk PON sudah memenuhi, tinggal perbaikan saja. Kalau pun ada yang baru dibangun, kata dia, paling venue renang dan senam serta stadion utama. “Banyak yang bisa dijadikan venue, ” ujarnya.

Dia menyebutkan jika Sulsel tuan rumah, akan dipusatkan di kota Makassar, Maros, Gowa dan Pangkep. Sedangkan tempat yang bisa dijadikan venue di Makassar, seperti Celebes Convention Center (CCC), gedung Manunggal Jendral M. Yusuf, Stadion Mattoanging, GOR Sudiang.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang menambahkan, sudah saatnya Sulsel diberi kesempatan menjadi tuan rumah PON. “Saya kira sarana dan prasarana kita cukup memadai untuk menjadi tuan rumah, apalagi posisi kita sangat strategis dimana letak Sulsel berada di poros tengah. Mudah dijangkau dari berbagai arah disamping akomodasi dan transportasi yang beberapa diantaranya sudah tersedia,” tuturnya.

Menilik sejarah turnamen akbar ini, Sulsel pernah sekali menjadi peyelenggara PON pada 1957. Kegiatan inilah sehingga Makassar bisa memiliki kawasan stadion Mattoanging. (AKu/RS3)


Tag
div>