JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Sulsel Siap Sukseskan Rakornas ke-9 KI di Banjarmasin

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 16 Agustus 2018 15:04
Sulsel Siap Sukseskan Rakornas ke-9 KI di Banjarmasin

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL. COM – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi (KI) akan digelar di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 27-30 Agustus mendatang.

Ketua KI Sulsel, Pahir Halim, mengatakan, seluruh komisioner lingkup KI Sulsel siap ambil bagian untuk menyukseskan agenda berskala nasional yang rencananya akan dibuka langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

“Rakornas yang akan digelar ini merupakan kelanjutan dari Rakornas yang sudah digelar di Makassar pada November 2017 lalu. Semua komisioner diundang. Termasuk Kepala Sekretariat KI akan mendampingi, ” ungkap Pahir, Kamis (16/8).

Dia melanjutkan, Rakornas KI tahun ini mengusung tema secara umum terkait Pengarusutamaan Keterbukaan Informasi dalam Penguatan Demokrasi. Sementara misi utama yang akan ditekankan untuk mendapat perhatian khusus adalah penguatan kelembagaan.

“Karena semakin kuat kelembagaan KI, akan semakin menguatkan demokratisasi di Indonesia, ” jelasnya.

Lebih jauh, Pahir menyampaikan, ada empat poin utama yang juga akan menjadi agenda diskusi. Diantaranya penguatan lembaga, penguatan sistem mekanisme penyelesaian sengketa informasi, strategi dalam menyosialisasikan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, serta membangun kemitraan dengan lembaga eksternal.

“Terutama bagi lembaga-lembaga negara yang terkait keterbukaan informasi, ” tambah Pahir.

Rakornas KI rencananya akan diisi berbagai kegiatan. Salah satunya adalah diskusi-diskusi yang menghadirkan para pakar, termasuk pemerintah setempat seperti Gubernur Kalimantan Selatan.

Karena agenda ini dilaksanakan menjelang pesta demokrasi 2019, diharapkan Rakornas KI juga bisa melahirkan rekomendasi untuk memastikan keterbukaan penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. (*)

 

 

 


Tag
div>