SELASA , 23 OKTOBER 2018

Sulsel Target 5,7 Juta Ton Produksi Padi

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 09 September 2015 16:44

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Bidang Produksi Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Sulsel, M Aris AM mengungkapkan, target produksi padi di Sulsel tahun 2015 ini, sebanyak 5,7 juta ton. Target itu diperkirakan dapat tercapai dari lahan persawahan seluas 1,1 juta hektar.

“Tahun ini, ada penambahan luas lahan dari 987 ribu hektar menjadi 1,1 juta hektar,” jelas Aris.

Kabupaten Pinrang yang selama ini menjadi daerah andalah menghasil beras Sulsel, menurut Aris, diperkirakan panen raya pada bulan September hingga Oktober ini, di mana luas lahan persawahan total mencapai 50 ribu hektar, dengan produksi mencapai 6,4 ton per hektar.

Aris mengatakan, salah satu penyebab gagal panen yang dialami petani, adalah penanaman yang terjadi sekitar Juli. “Kita sudah anjurkan agar penanaman dimulai pada bulan Juni. Jangan ada yang menanam pada Juli, karena sengaja kita keringkan untuk persiapan panen,” katanya.

Untuk mengatasi kemarau, kata dia, Dinas Pertanian meminta petani mengatur pola tanam. “Kita tudang sipulung melihat kemungkinan musim tanam bagaimana. Apakah hujan atau kekeringan. Itu yang kita antisipasi,” tandasnya.


div>