SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Sumarsono: GPN Hapus Sekat Antar Bank

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Lukman

Senin , 06 Agustus 2018 11:00
Sumarsono: GPN Hapus Sekat Antar Bank

Penjabat Gubernur Soni Samarsono saat menghadiri peluncuran Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bank Indonesia (BI) di pantai Losari, jalan Penghibur Makassar, Minggu pagi (5/8).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penjabat Gubernur Soni Samarsono hadir di peluncuran Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bank Indonesia (BI) di pantai Losari, jalan Penghibur Makassar, Minggu pagi (5/8).

“Kita harus mengakui bahwa terobosan kali ini yang dilakukan oleh Bank Indonesia betul-betul sangat-sangat baik,” kata Sumarsono.

GPN adalah terobosan dalam menghapus sekat-sekat yang selama ini ada karena perbedaan peraturan dari masing-masing bank, dimana untuk mengakses kebutuhan perbankan hanya bisa di bank yang sama. Dengan GPN, pemilik kartu debit bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau perangkat electronic data capture (EDC) bank lain.

“Kalau bukan hari Minggu, hari ini juga saya akan merubah kartu debit saya ke GPN,” jelasnya.

Dari segi ke-Indonesia-an, Sumarsono menilai kartu ini sangat terasa. Logo GPN dihadirkan burung garuda berwarna merah dan tulisan kata GPN berwarna putih.

“Ini menjadi identitas nasional, sebagai bagian upaya kita membangun nasionalisme Indonesia, memperkuat, memperkokoh pola kebangsaan kita,” sebutnya.

Kartu ini lebih menyederhanakan dari segi kepemilikan kartu karena hanya satu yang mencakup bank-bank yang ada di Bank Indonesia yang di Integrasikan. Ia berharap bahwa, walaupun saat ini masih berlaku domestik, dalam pengembanganya akan dapat digunakan secara internasional.

Setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistem GPN dan merilis kartu debit GPN berlogo garuda. Kartu debit GPN bisa digunakan di seluruh mesin electronic data capture (EDC).

Kehadiran GPN bisa memperluas layanan akses layanan sistem pembayaran melalui peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas. Selain itu GPN juga bisa mendorong perluasan Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) dan pengembangan perdagangan nasional berbasis elektronik.

BI juga mencatat hingga akhir Mei 2018 logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang tercetak pada kartu debit telah sebanyak 937 ribu. Sedangkan, jumlah yang telah terdistribusikan sebanyak 497 ribu kartu. (*)


div>