SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Sumarsono Ingatkan ASN Pemprov Dilarang Mudik Pakai Randis

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Kamis , 31 Mei 2018 12:17
Sumarsono Ingatkan ASN Pemprov Dilarang Mudik Pakai Randis

Soni Sumarsono. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jelang idulfitri, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menekankan, kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulsel tidak menggunakan kendaraan dinas (randis) untuk mudik lebaran.

Penegasan itu dikemukakan karena dirinya masih berpegang pada aturan lama yang hingga saat ini belum diubah. Aturan itu menegaskan larangan ASN menggunakan randis untuk mudik.

“Dari dulu memang tidak dibolehkan, karena prinsipnya kendaraan dinas itu sebenarnya adalah aset negara, jadi tidak bisa digunakan secara pribadi. Sampai hari ini pemerintah provinsi masih berpegangan pada aturan lama,” ungkap Soni, Rabu (30/5) kemarin.

Namun, lanjut dia, aturan terkait pelarangan itu masih fleksible. Ketika tiba-tiba pusat mengisyaratkan randis bisa digunakan, Pemprov Sulsel dipastikan untuk ikut aturan yang berlaku.
“Jika ada kebijakan tambahan tiba-tiba muncul diperbolehkan, kami fleksibel saja. Tetapi hari ini posisinya, tidak boleh,” tegas Soni.
Dia mewanti-wanti ASN untuk patuh dan taat pada aturan. Jangan sampai karena dilarang menggunakan, disiasati dengan mengganti pelat merahnya menjadi pelat hitam.

Ketika ada ASN yang diketahui menjalankan aksi seperti itu, hukumannya sudah menanti.
Sejauh ini, tambah Soni, persoalan penggunaan randis untuk mudik masih sementara dipertimbangkan dan dibicarakan secara nasional. Apakah bisa dipakai dengan catatan ASN menanggung biaya bahan bakar dan resiko kerusakan ditanggung yang memakai.

Namun, lanjutnya, sampai saat ini KPK masih melarang penggunaan randis. Pemerintah pusat juga belum menegaskan apakah dilarang atau boleh menggunakan.

“Jadi daripada pusing, Pemprov Sulsel menegaskan mobil dinas tidak boleh dipakai lebaran,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Tautoto Tana Ranggina menjelaskan, pihaknya tentu akan meneruskan instruksi gubernur tersebut ke ASN lingkup Pemprov.

“Apapun yang diinstruksikan Pak Gubernur soal randis, kami akan segera teruskan ke seluruh ASN Pemprov Sulsel, ” pungkasnya. (*)


div>