SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Sumarsono: Manfaatkan Libur Dengan Memilih, Jangan Rekreasi Saja

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Selasa , 26 Juni 2018 20:00
Sumarsono: Manfaatkan Libur Dengan Memilih, Jangan Rekreasi Saja

Soni Sumarsono. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tanggal 27 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional. Hal itu disampaikan oleh Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, Selasa (26/6). Menurutnya hal itu sesuai instruksi Kemendagri bahwa bertepatan dengan hari H pencoblosan pilkada, seluruh instansi mematuhi libur nasional secara keseluruhan.

“Ditetapkan libur nasional, ini berlaku di seluruh Indonesia, jadi baik daerah yang melakukan pilkada maupun yang tidak melakukan pilkada semua diliburkan,” kata Sumarsono, di Ruang kerjanya.

Namun Sumarsono berharap hari libur itu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menentukan hak pilih masyarakat terhadap pemimpin yang akan menjabat selama lima tahun ke depan.

“Jangan hanya libur dan tidak menentukan hak pilih, malah pergi rekreasi,” ujarnya.

Sementara capaian target pemilih pada tahun ini, Sumarsono berharap bisa mencapai 80 persen.

Meski demikian, masih ada beberapa pelayanan publik tetap beroperasi. Salah satunya adalah pelayanan pajak daerah. Untuk itu, Samsat se-Sulsel tetap beroperasi seperti biasa pada libur pilkada serentak.

Dengan demikian usai menyalurkan hak pilihnya, warga dapat membayar pajak kendaraan bermotor di samsat yang berada di wilayahnya. Hal ini tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulsel, Tautoto Tana Ranggina.

Dalam surat bernomor 973/1104/Bapenda ini dijelaskan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (pajak daerah), Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) pada kantor bersama Samsat tetap buka pada hari libur dan cuti bersama pada 11, 12, 19, 20, dan 27 Juni mulai pukul 08.30-14.00 wita.

“Usai mencoblos, pelanggan samsat dapat membayar pajak kendaraannya di kantor samsat terdekat. Bukan hanya libur pilkada, pada libur nasional lebaran lalu kita juga tetap buka,” katanya. (*)


div>