SELASA , 11 DESEMBER 2018

Sumarsono Minta RPJMD Gubernur Lama Segera Diselesaikan

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Rabu , 25 Juli 2018 12:15
Sumarsono Minta RPJMD Gubernur Lama Segera Diselesaikan

Rapat penyamaan persepsi terhadap pembahasan RPJMD 2019 Provinsi Sulsel di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Selasa (24/7) kemarin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rapat penyamaan persepsi terhadap pembahasan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019 Provinsi Sulsel dilakukan di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Selasa (24/7) kemarin.

Rapat yang dipimpin oleh Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono itu membahas tentang RPJMD lama dan RPJMD baru dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Sumarsono dalam sambutannya mengatakan, terdapat beberapa poin yang menarik dalam pertemuan tersebut, diantarnya pihak Pemprov selama ini telah menyiapkan RPJMD tekhnogratik 2019 sebanyak empat bahan, masing-masing bahan RPJM tersebut mengikut pada visi dan misi 4 pasangan calon yang ikut pada pesta demokrasi Pilgub beberapa waktu lalu.

“RPJMD tekhnogratik ini adalah murni sentuhan Pemprov tapa melihat siapa menangnya, hanya karena nomor tiga yang menang jadi kita gunakan RPJMD tekhnogratik nomor tiga,” kata Sumarsono.

Untuk penyesuaian RPJMD dalam masa transisi, Sumarsono mengatakan dilema dalam mengaturnya, selain RPJMD yang disusun oleh gubernur sebelumnya belum berakhir, sementara yang baru juga belum selesai pembahaannya

“KUA-PPAS, disusun berdasarkan rencana kerja Pemda. RPJMD mana yang mau dipakai? RPJMD Syahrul belum berakhir, sementara yang baru juga belum selesai, untuk itu kita antisipasi dengan membaca janji politik dan visi misi gubernur terpilih,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut sumarsono RPJMD gubernur lama pihaknya masih tetap disipakan sebagai bahan antisipasi, “sampai September agar dimasukkan ke perubahan anggaran,” ujarnya.

Selain itu, kata Sumarsono, siapa pun gubernur terpilih akan mengaktualisasikan RPJMD tekhnogratik itu.

“RPJMD 2019 nanti saya kira kita selesaikan dulu yang lama,” lanjutnya.

Sementara Ketua DPRD Sulsel, Muhammad Roem mengatakan kapasitas dari tiga komponen darah dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah (RAPBD) 2019 sejatinya sama.

“Jadi diperjelas lagi bawa kapasitas baik DPRD, Provinsi dan gubernur terpilih semuanya sama, jadi tidak ada yang lebih besar pendapatannya,” ungkapnya. (*)


div>