SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Suplai IPA IV Maccini Sombala Terganggu

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Rabu , 18 April 2018 10:00
Suplai IPA IV Maccini Sombala Terganggu

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pasokan air bersih untuk wilayah Instalasi Pengelolaan Air (IPA) IV Maccini Sombala mengalami gangguan. Akibatnya ada beberapa daerah yang mengalami gangguan suplai air PDAM diantaranya, Tanjung Bunga, GMTD, Deppasawi, Mariso, sebagian Cendrawasih dan Utara Kota Makassar.

“Karena adanya gangguan itu, kondisi suplai air bersih beberapa daerah terganggu dan ada penurunan tekanan awalnya 300 liter per detik, sekarang hanya 200 liter per detik, artinya ada kekurangan 100 liter per detik,” jelas Kartia Bado, Direktur Teknik PDAM Kota Makassar, Kartia Bado, Selasa (17/4) kemarin.

Ia mengatakan, untuk menambah pasokan air dari IPA IV Maccini Sombala, pihaknya menambahkan tekanan yang disuplai dari IPA V Somba Opu dengan Suplai 30 liter per detik dan IPA I Ratulangi dengan Suplai 20 liter per detik.

“Kondisi ini sangat emergency, dan tindakan kita sudah koordinasi dengan pihak Balai Besar Sungai Jeneberang sebagai penanggung jawab untuk melakukan pembenahan,” ucap Kartia Bado.

Untuk mentaktisi, lanjut Kartia, pihaknya bakal menyediakan 10 mobil tangki yang standby di beberapa posko yang disediakan oleh PDAM. Kendati demikian, untuk mendapatkan air bersih tersebut, harus melaporkan ke PDAM terdekat agar bisa ditindak dengan cepat.

“Kita buka lewat telepon kantor, jam kerjanya itu mulai jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Kita harap masalah suplai air ini bisa cepat terselesaikan karena air sangat penting untuk kita,” lanjutnya.

Ia menambahkan, saat ini dengan adanya masalah kerusakan, PDAM kehilangan potensi pendapatan sekira Rp 180 juta selama dua pekan selama perbaikan IPA IV Maccini Sombala. “Kami minta maaf atas kejadian ini. Semoga cepat dikerjakan supaya suplai air kembali normal,” ucap Kartia. (*)


div>