SABTU , 21 JULI 2018

Survei JSI Juni 2018, IYL-Cakka Tetap di Posisi Pertama

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 21 Juni 2018 13:54
Survei JSI Juni 2018, IYL-Cakka Tetap di Posisi Pertama

Jaringan Suara Indonesia (JSI) saat merilis survei terbaru Pilgub Sulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Peluang pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) memenangkan Pilgub Sulsel, Rabu 27 Juni mendatang, tetap terjaga. Itu jika mengacu pada hasil survei terbaru lembaga nasional medio Juni 2018.

Berdasarkan hasil survei terbaru Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang pengambilan dan pengolahan datanya dilakukan di awal Juni, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar tetap di posisi teratas. Elektabilitasnya 26,3%.

Posisi kedua ditempati pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) 24,8%. Disusul Andi Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) 20,6%, serta terakhir Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo 7,5%. Sisanya belum menentukan sikap, tidak menjawab/rahasia.

“Ini survei terakhir yang kami lakukan jelang pencoblosan Pilgub Sulsel,” kata Wakil Direktur Eksekutif JSI, Popon Lingga Geni saat memaparkan hasil survei Pilgub Sulsel di Grand Imawan, Makassar, Kamis (21/6/2018).

Di survei yang melibatkan 800 responden dengan marjin of error kurang lebih 3,5%, posisi IYL-Cakka belum bisa dikategorikan di posisi aman. Mengingat, selisih dengan NA-ASS tergolong tipis.

Meski demikian, hasil survei oleh lembaga yang dikenal tidak bisa diintervensi untuk pengambilan dan pengolahan datanya, apalagi sampai merekayasa potret survei, posisi IYL-Cakka tetap mampu dipertahankan jika membandingkan temuan riset satu bulan lalu.

Hanya saja, membandingkan survei satu bulan lalu, nyaris tidak ada satu pun pasangan yang mengalami kenaikan elektabilitas yang signifikan. Baik IYL-Cakka maupun NA-ASS, cenderung stagnan atau angkanya tidak naik. Begitu juga untuk NH-Aziz dan Agus TBL.

Sehari sebelumnya, lembaga survei lokal Parameter Strategi Indonesia (PSI) juga mempublish temuan surveinya. Hasilnya, NA-ASS dan IYL-Cakka yang berada di posisi teratas selisihnya di batas marjin of error.

Sekadar diketahui, selama 9 bulan terakhir, IYL-Cakka memang terus diunggulkan sejumlah lembaga survei nasional. Selain JSI yang dikenal merajai kemenangan Pilkada dibeberapa daerah di Indonesia, juga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengunggulkan IYL-Cakka.

Selain itu, beberapa lembaga survei lainnya yang pernah mempublish hasil surveinya, menempatkan IYL-Cakka tertinggi. Seperti Poltracking, ISS, Sinergi Data Indonesia (SDI), maupun bocoran Roda Tiga Konsultan. (**)


div>