SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Survei LSI: 2 Tokoh Ini Paling Berpeluang Dampingi Jokowi

Reporter:

Editor:

Lukman

Sabtu , 03 Februari 2018 07:00
Survei LSI: 2 Tokoh Ini Paling Berpeluang Dampingi Jokowi

Presiden Jokowi (doc Jawa Pos.com)

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyimpulkan, ada dua nama tokoh partai politik yang paling berpeluang menjadi calon wakil presiden Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Masing-masing, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang selama ini dikenal dekat dengan PDI Perjuangan.

“Cawapres berlatar belakang partai hanya dimasukkan ‎dari PDIP dan Golkar, karena kedua partai ini punya kekuatan bargaining lebih besar daripada partai lain,” ujar peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat merilis hasil survei di Bilangan Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (2/2).

Dari dua nama tersebut, popularitas Airlangga lebih tinggi. Ada 25 persen responden yang mengaku cukup familiar dengan sosok Menteri Perindustrian tersebut. ‎Sementara popularitas BG hanya 16 persen.

Selain itu, LSI Denny JA juga merilis ada empat nama profesional yang berpeluang menjadi cawapres nantinya.

Peluang mengemuka tidak hanya sebagai cawapres Jokowi, tapi juga capres lainnya yang kemungkinan maju.

Masing-masing, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kemudian pemilik CT Corporation‎ Chairul Tanjung dan pengusaha sukses asal Sulawesi Selatan Aksa Mahmud.

“Aksa merupakan pemilik Bosowa Corp dan iparnya Jusuf Kalla,” kata Adjie.

Survei dilaksanakan pada 7-14 Januari lalu melibatkan 1.200 responden yang dipilih berdasarkan multistage random sampling.

Responden berasal dari 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Margin of error 2,9 persen. Survei dilengkapi riset kualitatif, media analisis dan depth interview narasumber. (jpnn)


div>