MINGGU , 24 JUNI 2018

Survei Tingkat Penerimaan Positif: IYL Tertinggi, NA Ketiga, NH Posisi Buncit

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 02 Februari 2018 13:20
Survei Tingkat Penerimaan Positif: IYL Tertinggi, NA Ketiga, NH Posisi Buncit

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Hasil survei terbaru jelang Pilgub Sulsel 2018, lagi-lagi memberi angin segar untuk Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Terbaru, lembaga survei Populi Center yang mengeluarkan hasil surveinya. IYL menjadi kandidat dengan tingkat penerimaan positif tertinggi. Padahal, sosok yang terkenal komitmen dan tak suka pencitraan itu, sering digempur dengan isu-isu negatif.

“Ichsan menduduki peringkat pertama hasil survei penilaian positif tertinggi. Yaitu sebesar 65,5 persen,” kata Peneliti Populi Center, Dimas Ramadhan, dalam paparan hasil surveinya, Kamis (1/2/2018) kemarin.

Penilaian positif tertinggi ini bukti isu-isu miring selama ini dihembuskan “pembegal” politik kepada Ichsan, tak terbukti kebenarannya. Semisal mencaplok dukungan KTP, ijazah dan dinasti politik.

Berturut-turut setelah Ichsan, adalah Agus Arifin Nu’mang (64,8 persen), Nurdin Abdullah (59,1 persen), dan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (53,8 persen).

Kemudian, Nurdin Halid (53,5 persen), Andi Mudzakkar (35,5 persen), Andi Sudirman Sulaiman (20 persen) dan terakhir, Tanribali Lamo (19 persen).

Popularitas Ichsan juga tertinggi. Pelopor pendidikan gratis di Indonesia itu mengungguli popularitas tiga bakal calon gubernur lainnya.

Tingkat popularitas Ichsan mencapai 75,9 persen. Disusul Agus Arifin Nu’mang dengan 72 persen. Nurdin Halid di posisi ketiga dengan 68,9 persen. Sementara Nurdin Abdullah yang sudah sejak lama tancap gas sosialisasi malah popularitasnya di posisi buncit, dengan 67,1 persen.

Bagaimana dengan popularitas bakal calon wakil gubernur. Cukup berbanding lurus dengan popularitas bakal calon gubernur. Wakil IYL, Andi Mudzakkar, menempati posisi dua. Dengan popularitas mencapai 41,4 persen.

Di posisi pertama, Aziz Qahhar Mudzakkar. Sebagai catatan, Aziz memang sudah dua kali maju di Pilgub Sulsel. Sementara wakil Agus, Tanribali Lamo popularitasnya 24,8 persen.

Terakhir, Andi Sudirman Sulaiman yang berpasangan dengan Nurdin Abdullah, popularitasnya juga terendah, yakni 23,1 persen.

Dimas pun tak ragu menyebut Ichsan memang paling konsisten kenaikan presentase popularitasnya. “Ichsan paling konsisten mengalami kenaikan sejak April 2017,” tutup Dimas. (*)


div>