SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Subhan Alwi Siap Tempur

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 17 Juli 2017 11:38
Subhan Alwi Siap Tempur

int

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Perlahan tapi pasti, nama Subhan Alwi Hamu (SAH) terus mengemuka jelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar tahun 2018 mendatang.

Pengusaha sekaligus pemimpin sejumlah perusahaan media ternama di Makassar itu sudah siap tempur pada ajang demokrasi lima tahunan itu. Bahkan, sejumlah partai termasuk Partai Golkar kepincut akan sosok seorang Subhan Alwi Hamu.

Hal itu dibuktikan saat Ketua Tim Sembilan Partai Golkar Sulsel, Kadir Halid menggunakan hak diskresi dengan memasukkan nama Subhan Alwi Hamu sebagai calon usungan Partai Golkar pada Pilwalkot Makassar.

“Kita juga masukkan Pak Subhan Alwi Hamu. Jadi khusus di Makassar total ada 10 nama yang kita masukkan untuk ikut tes wawancara di Partai Golkar Sulsel,” kata Kadir belum lama ini.

Menurut Kadir, Subhan dinilai bisa mendapatkan banyak suara karena sudah cukup dikenal di Makassar. Apalagi sudah beberapa alat peraganya terpasang di ruas Kota Makassar. Itu menandakan bahwa dia tengah melakukan sosialisasi.

“Tapi semua lagi kembali pada survei untuk diusung, semua kandidat akan diukur melalui itu,” jelas Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD I Golkar Sulsel itu.

Usai namanya dimasukkan, Subhan yang tak lain putra Chairman Fajar Group, HM Alwi Hamu kemudian hadir pada tes wawancara yang digelar di Sekretariat Golkar.

[NEXT-RASUL]

SAH yang dikonfirmasi mengaku siap maju pada Pilwalkot Makassar. “Insya Allah saya siap bertempur di Pilwalkot Makassar, ini untuk perubahan kota ini,” ujarnya.

Tokoh pers ini bahkan telah mensosialisasikan dirinya lewat baliho yang terpajang disetiap sudut Kota Makassar dengan mengusung Tagline “AndalanG Gue”.

SAH juga menegaskan, dirinya maju karena terpanggil untuk mengabdi kepada masyarakat Kota Makassar. Selain itu, lanjut dia sebagai warga negara memiliki hak memilih dan dipilih.

“Saya juga terpanggil untuk membawa Makassar berkembang. Sebagai warga negara, saya punya hak memilih dan dipilih. Jika banyak politisi yang menyatakan diri siap maju, saya juga menyatakan siap untuk bertarung di Pilwalkot Makassar,” tuturnya.

SAH menjalani fit and proper test di DPD I Golkar Sulsel, Sabtu (15/7) lalu. Pada kesempatan itu, ia berjanji dihadapan tim agar mewujudkan perubahan jika kelak mendapat amanah.

Ia juga memaparkan berbagai program unggulan yang tertuang dalam visi dan misinya. Tidak hanya itu, ia juga berkomitmen untuk kemajuan  Golkar nanti.

[NEXT-RASUL]

“Saya akan melakukan perubahan, menjadikan Makassar hebat dalam segala hal. Pendidikan, kesehatan dan ekonomi jadi prioritas,” katanya.

Ketika ditanya perihal maju sebagai 01 atau 02. Dengan santai ia menyatakan akan melihat kondisi. Lalu bagaimana jika tidak mendapatkan partai? Subhan dengan tegas mengatakan akan mengarahkan dukungannya kepada incumbent, Danny Pomanto.

“Saya punya pendukung hampir puluhan ribu, jika memang tertutup jalan nantinya dari partai politik maka saya akan berpikir realistis, mengarahkan dukungan sepenuhnya kepada pak Danny,” tegasnya.

Usai mendapat isyarat usungan di Pemilihan Wali Kota Makassar oleh DPD I Golkar Sulsel, SAH kini melirik rekomendasi Partai Gerindra. SAH membeberkan, Gerindra merupakan partai selanjutnya.

Anggota Tim 9 Partai Golkar Sulsel, Subhan Djaya Mappaturung mengatakan, Subhan Alwi punya peluang untuk diusung Golkar seperti figur lain.

Hanya saja lanjut dia, jika penentuan calon dari Partai Golkar akan diumumkan setelah rapat pleno dan disepakati oleh forum berdasarkan survei. “Kalau peluang ia, tapi penentuan melalui pleno berdasarkan survei,” katanya.

[NEXT-RASUL]

Subhan Djaya menambahkan, jika Subhan Alwi merupakan tokoh muda yang bagus dan sangat berpengaruh. Tak hanya itu, ia menilai jika Subhan Alwi punya trend elektabilitas bagus pasti diusung Gokar.

“Saya pikir Subhan adalah sosok yang dikenal oleh masyarakat, apalagi visi misinya juga sangat bagus, jika elektabilitas tinggi pasti diusung,” tambah Subhan Djaya.

Pengamat Politik dari Universitas Bosowa Arief Wicaksono menyebutkan, sosok Subhan Alwi sebagai pengusaha ternama dan tokoh pers bisa memiliki peluang di Pilwalkot Makassar.

Selain itu lanjut dia, jika Subhan berpaket dengan petahana Moh Ramdhan “Danny” Pomanto sangat cocok. “Saya kira kalau paket petahana Danny Pomanto dan Subhan Alwi Hamu bisa saja terjadi. Paket ini juga cukup kuat untuk Pilwalkot nantinya,” singkatnya.

Sementara Konsultan Politik Jaringan Suara Indonesia (JSI) Nursandy menuturkan, peluang Subhan Alwi di Pilwalkot Makassar masih terbuka lebar. Pasalnya, pelaksanaan Pilwalkot Makassar masih beberapa bulan lagi, namun untuk mengincar posisi 01 akan cukup sulit.

“Peluang Subhan Alwi Hamu masih terbuka mengingat Pilwalkot Makassar masih dinamis. Tetapi untuk mengincar posisi 01 lewat jalur parpol saya rasa sangat kecil kansnya untuk maju bertarung,” ungkapnya.

[NEXT-RASUL]

Hal itu, lanjut Nursandy, Subhan Alwi yang tergolong pemain baru dalam kontestasi perpolitikan tentunya akan dikalahkan oleh pemain-pemain lama yang sudah terlebih dahulu memiliki popularitas yang cukup baik. Apalagi, Partai Politik (Parpol) tentunya akan memprioritaskan rekomendasi usungan kepada bakal calon yang telah berpengalaman.

“Parpol tentu motivasinya ingin menang. figur yang memiliki peluang menang besar tentu punya kans untuk mendapatkan dukungan parpol,” bebernya.

Sehingga, lanjutnya, sebagai pemain baru, Subhan Alwi harus bekerja ekstra untuk mendapatkan perhatian parpol. “Saya kira tantangan Subhan Alwi Hamu butuh pendekatan ekstra dalam meyakinkan parpol,” tutur Nursandy. (E)


div>