RABU , 19 DESEMBER 2018

Syahrul Lantik Asmanto Sebagai Pjs Bupati Jeneponto

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Senin , 26 Februari 2018 14:23
Syahrul Lantik Asmanto Sebagai Pjs Bupati Jeneponto

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengukuhkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Asmanto Baso Lewa. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengukuhkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Asmanto Baso Lewa, sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jeneponto, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (26/2). Pengukuhan ditandai dengan penyematan pin dan diserahkannya surat keputusan dari Mendagri kepada Asmanto Baso Lewa.

Pengukuhan ini didasari pengajuan cuti yang dilayangkan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2018. Ia cuti di luar tanggungan negara mulai 15 Februari hingga 23 Juni mendatang.

SYL mengatakan, pengukuhan ini melengkapi syarat administrasi kenegaraan untuk persiapan pilkada yang dilaksanakan di Sulsel.

“Kita bersyukur, kita selesaiakan satu administrasi kenegaraan, persiapan Pilkada dengan menghadirkan Pjs, ini menyempurnai pelantikan 12 kabupaten-kota yang melaksanakan pesta demokrasi,” kata SYL.

Ia juga menitipkan harapan kepada Asmanto dan Pjs bupati wali kota lainnya untuk menjaga ketentraman rakyat.

“Yang utama tugas kepala daerah itu, bagaimana bisa damai, mau jam berapa pun orang keluar tetap damai dan aman,” sebutnya.

Selain itu, juga kebutuhan rakyat terpenuhi seperti makan, pendidikan dan perumahan rakyat, serta hadirnya keteraturan di masyarakat. Gubernur juga berharap, Pilkada nanti di Jeneponto menjadi percontohan daerah lain yang berjalan dengan damai.

SYL menyebut, sosok Asmanto sebagai birokrat berpengalaman yang mampu membawa roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik di Kabupaten Jeneponto. Serta, mampu mengambil pelajaran dari kepemimpinan Karaeng Pattingaloang.

Sementara itu, Asmanto berharap bisa menjalankan amanah undang-undang, dan bertekad untuk menjalankan harapan Gubernur Sulsel dan harapan rakyat.

“Mari kita menjaga suasana damai dan tertib, terutama untuk Pilkada nanti,” ujarnya.

Ia juga akan memperhatikan kebutuhan masyarakat serta memberikan pelayanan terbaik. “Kita lihat di lapangan apa kebutuhan masyarakat, kita juga lihat pelayanan yang ada. Berharap juga pelayanan akan berjalan dengan baik,” harapnya.

Sebelumnya, Jum’at 16 Februari lalu, SYL mengukuhkan Kepala Inspektorat Sulsel Lutfie Natsir sebagai Pjs Walikota Parepare, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel A Arwin Azis sebagai Pjs Walikota Palopo, dan Kadis Tata Ruang dan Pemukiman Sulsel Bakti Haruni sebagai Pjs Bupati Bone. (hmssulsel)


div>