RABU , 21 NOVEMBER 2018

Syahrul Optimistis Anggaran Rp 1,3 Triliun Tol Layang Makassar Bisa Cair

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 20 Agustus 2017 14:31
Syahrul Optimistis Anggaran Rp 1,3 Triliun Tol Layang Makassar Bisa Cair

Syahrul Yasin Limpo. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo optimis jika anggaran elevated tol atau tol melayang Kota Makassar dapat dikucurkan oleh Pemerintah pusat sebesar Rp 1,3 triliun.

Keoptimisan Syahrul itu dikarenakan Sulsel memiliki prioritas untuk melakukan obligasi hingga Rp 3 triliun.

“Kalau jalan Tol itu harus menggunakan APBN. Sulsel itu memiliki prioritas untuk melakukan obligasi hingga Rp3 triliun. Jadi kalo cuma Rp1,3 triliun itu pasti kita bisa mendapatkannya, itu sudah punya kelayakan seperti itu,” ungkap Syahrul saat dikonfirmasi di rumah jabatannya belum lama ini.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Indonesia (APPSI) ini menambahkan, rencananya tol melayang ini akan dimulai pada perbatasan Kabupaten Gowa, yang kemudian masuk ke Jalan AP Pettarani dan tembus hingga sekitar Lapangan Karebosi. Jika memungkinkan jalan Tol melayang ini akan dihubungkan dengan tol reformasi.

“Seandainya mungkin yah, kita harus berusaha. Memang sangat besar banget biayanya. Tapi ini lagi terus dihitung oleh pemerintah pusat. Mungkin ada sebagian melayang tapi mungkin sebagian tetap turun ke bawah lagi. Khususnya yang menuju ke airport. Saya lagi berusaha mudah-mudahan bisa,” tuturnya.

Syahrul menjelaskan, kebutuhan anggaran untuk pembangunan tol melayang ini Rp200 miliar per kilometer. Pembangunannya rencananya akan menggunakan rangka baja, hal tersebut sesuai usulan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kalaupun menggunakan baja termurah, anggaran yang dibutuhkan per kilometernya mencapai Rp157 miliar. (*)


div>