RABU , 24 JANUARI 2018

SYL Bilang, Orang Cerdas Tidak Boleh Diam

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 05 September 2012 10:28

RAKYAT SULSEL . MAKASSAR – Ciri-ciri orang cerdas adalah selalu galau, risau dan khawatir akan kekurangan ilmu yang dimilikinya. Olehnya ada keinginan untuk selalu menuntut ilmu, tidak suka berdiam diri. Jadi, orang yang menuntut ilmu S2 dan S3 adalah orang cerdas.

Pesan disampaikan, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo saat membawakan kuliah umum di Gedung Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM), Senin, (3/9)

Dihadapan ribuan mahasiswa PPs UNM yang didominasi mahasiswa baru , Syahrul menyampaikan, mahasiswa S2 dan S3 mesti berpola pikir linear terutama dalam menyelesaikan aneka persoalan.Mahasiswa juga menutnya, memiliki kemampuan untuk mengolah atau menciptakan opini publik.

” Yang terpenting juga adalah memiliki sikap dan prilaku yang berkarakter baik, ” Kata Syahrul. Untuk membuktikan kapasitas ilmu yang dimiliki, lanjut Syahrul, orang harus berani mengambil tantangan baru, dan menciptakan zona-zona nyaman yang baru, ” ujarnya.

Sebelum Syahrul, Sebagai pemateri, Guru Besar Ekonomi UNM Nuchrawati Ulla, membawakan  materi dengan tema Pemberdayaan Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan Berbasis Ekonomi Kerakyatan. Menurutnya, ekonomi kerakyatan merupakan ekonomi tradisional yang menjadi basis kehidupan masyarakat memberdayakan kehidupan

Masih Menurut Nuchrawati, Perguruan Tinggi  mesti menjadi agent of change dan memposisikan masyarakat sebagai pelaku ekonomi utama dan terutama. “Perguruan Tinggi diharapkan mendesain peta ekonomi berbasis kerakyatan yang taat hukum dan politik. Juga menciptakan wirausaha muda dalam berbagai bidang, ” ucapnya.

Diakhir membawakan kuliah, Syahrul menyempatkan diri menghibur mahasiswa dengan menyanyikan lagu “Sudah Kubilang ” sebuah tembang kenangan yang dipopulerkan ole Rafika Duri. (RS12/her/C).


Tag
div>