RABU , 19 SEPTEMBER 2018

SYL Gabung NasDem, Pakar Sebut Sinyal Masuk Arena Cawapres

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Lukman

Kamis , 22 Maret 2018 06:00
SYL Gabung NasDem, Pakar Sebut Sinyal Masuk Arena Cawapres

Surya Paloh, Syahrul Yasin Limpo, serta Rusdi Masse ngopi bareng di ruang VIP Hotel Sutanraja, Manado.

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Ketua Bidang Kerawanan Sosial DPP Partai Golkar, Syahrul Yasin Limpo (SYL) resmi bergabung dengan Partai NasDem, Rabu (21/3/2018).

Kepastian Gubernur Sulsel dua periode tersebut bergabung NasDem setelah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyematkan jaket NasDem kepada SYL di Manado.

Menanggapi bergabungnya eks Ketua DPD I Golkar Sulsel itu ke Partai NasDem, Pakar politik UIN Alaudin Makasssar, Firdaus Muhammad menilai bidikan politik SYL untuk bergabung dengan NasaDem sudah dipikirkan matang-matang.

Lanjutnya dia, SYL pasti dijanjikan posisi pada perjanjian khusus sehingga telah meninggalkan partai beringin yang selama ini menjadi wadah ia berproses hingga meraih jabatan tertinggi kekuasaan di Sulsel.

“Sudah tentu ada bergening posisien, artinya jika SYL Gabung NasDem ada sesuatu yang ia bidik. Apakah itu peluang Cawapres atau kursi kabinet dari jatah NasDem,” ujarnya, Rabu (21/3).

Menurutnya, tergodanya SYL masuk ke NasDem secara kalkulasinya jelas lebih pragmatis yakni membidik pilpres setidaknya mengejar tiket kabinet. Pilihan SYL itu dinilai tepat sebagai arena baru pasca lengser dari posisi Gubernur.

Kata dia, SYL harus lebih serius di NasDem dengan ikut sosialisasi sebagai kontestan di pilpres mendatang, termasuk ikut mengkampanyekan kandidat usungan NasDem di Pilkada.

“Problemnya, SYL masih sulit beradaptasi untuk kampanyekan NH-Aziz yang diusung NasDem. SYL memulai arena politik nasional di NasDem bersama Surya Paloh, membidik pilpres sebagai kandidat wapres dari Nasdem atau setidaknya mengejar posisi menteri masa mendatang,” sebut dia. (*)


div>