JUMAT , 22 JUNI 2018

SYL Harap Tak Ada Pungli Jelang UNBK

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Senin , 12 Maret 2018 14:00
SYL Harap Tak Ada Pungli Jelang UNBK

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Maraknya aksi pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum guru di sekolah membuat Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo angkat bicara. Bagaimana tidak, aksi itu kerap terjadi menjelang Ujian Nasional Berbasis Komentar (UNBK).

Syahrul mengenaskan, agar pihak sekolah tidak lagi membuat agenda yang berpotensi menjadi pungli. “Saya tidak mau lihat yang negatif-negatof seperti pungli, tidak ada itu. Tadi saya sudah bilang kalau pendidikan itu harus dimulai dari keikhlasan dan ketulusan serta pendekatan ibadah,” jelas Syahrul, Minggu (11/3).

Tindakan apapun yang berbau Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) itu, lanjut Syahrul akan bertanggungjawab bukan hanya di dunia, tapi juga bertanggungjawab di akhirat kelak. “Ingat, pendidikan itu janji ya kepada akhirat,” paparnya.

Sebelumnya, sejumlah orang tua siswa mulai mengeluhkan terkait adanya kegiatan tambahan yang dilakukan pihak sekolah jelang UNBK. Kegiatan itu diantaranya menambah biaya seperti kegiatan les sore, pembelian buku tes UNBK serta sejumlah tambahan kegiatan lainnya yang mengharuskan siswa mengeluarkan biaya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, hingga kini pihaknya belum menemukan laporan mengenai adanya tindakan sepihak yang dilakukan oleh guru sekolah. Ia menegaskan bahwa pihak sekolah tidak berhak melakukan hal itu.

“Sekolah tidak bisa lagi. Sampai detik ini tidak ada laporannya. Yang kita suruh ke sekolah adalah pengayaan yang tidak mengeluarkan biaya, tapi dia sama dengan penambahan jam belajar saja,” ungkap Irman.

None, sapaan Irman YL menambahkan, pada program pengayaan yang diusulkan, nantinya siswa dibimbing untuk mengetahui proses UNBK dan menjawab soal dengan baik dan benar.

“Di pengayaan itu intinya bagaimana siswa mengetahui simulasi soal, dan memperlihatkan bagaimana metode variasi soal. Bukan lagi konten karena sudah selesai jam belajar,” tungkasnya. (*)


Tag
  • UNBK 2018
  •  
    div>