SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

SYL Kagum Pelaksanaan STQ di Parepare Bagaikan MTQ

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 28 April 2017 23:35
SYL Kagum Pelaksanaan STQ di Parepare Bagaikan MTQ

Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, saat memberikan sambutan dalam pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) yang ke-30 di Kota Parepare, Jum'at (28/04/2017).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang ke-30, dilaksanakan di Lapangan Andi Makkasau, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Jum’at (28/04/2017). Pembukaan STQ dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dalam pembukaan tersebut, digelar penyerahan piala bergilir yang diraih Kabupaten Pinrang sebagai Juara Umum pada STQ yang ke-29 kepada Gubernur Sulsel, dan diserahkan kepada Wali Kota Parepare untuk diperebutkan.

Wali Kota Parepare, HM. Taufan Pawe, mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulsel yang menyempatkan diri untuk hadir, dan membuka STQ, serta bersilaturahmi dengan seluruh kafilah.

“Dengan terlaksananya STQ di Parepare, kami yakin ini bagian dari keberkahan dalam nafas yang kami hembuskan. Kami juga berkomitmen, meski penyelenggaraan ini adalah STQ, namun seolah-olah penyelanggaraan MTQ,” katanya.

Taufan menjelaskan, Parepare akan mengembalikan rohnya sebagai Kota Ulama dan Kota Santri. Hal tersebut, kata dia, tak lepas dari petunjuk dan arah Gubernur, yang selama ini memberikan masukan dengan berbasis akademik.

“Parepare ingin tampil dengan penuh keyakinan bahwa, kafilah dari luar daerah harus datang dengan terpesona, dan kembali dengan kesan yang baik. Mudah-mudahan STQ ini membawa berkah, mempererat silaturahmi, dan memperkuat konsep kesilaman kita semua,” jelasnya.

Sementara, Syahrul mengemukakan, Wali Kota Parepare telah menyiapkan kekuatan dan mengerahkan segala potensinya, untuk menyukseskan penyelenggaran STQ ini. Sehingga, katanya, STQ menjadi momentum silaturahmi Islam, membangun konsolidasi syiar Islam, dan mejadi syiar Islam bagi daerah-daerah lainnya.

Syahrul menerangkan, STQ merupakan ajang perlombaan tahunan, namun tidak hanya sekadar lomba. Di mana, lanjutnya, menjadi syiar Islam sebagai tanggung jawab fungsional, ibadah, dan untuk menghadirkan dan memperkuat nilai-nilai Islam, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Wali Kota. STQ ini terasa MTQ, dan saya hampir tidak bisa bedakan. Karena rasanya, MTQ bisa lewat jika pelaksanaannya seperti ini. Sehingga, pelaksanaan STQ di Parepare, menjadi standar prosedur bagi daerah lain yang ditunjuk sebagai tuan rumah,” bebernya.

Syahrul mengungkapkan, pelaksanaan STQ sangat penting dalam meningkatkan syiar Islam. Sehingga, ujar dia, bisa lebih berkembang menjadi manajemen budaya, dan diimplementasikan dalam menjalani kehidup sehari-hari.

“Terima kasih kepada kita semua, Allah tidak tidur mencatat segala usaha yang telah kita kerjakan, dan pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal. Semoga kegiatan ini tercatat sebagai ibadah, dan selamat bertanding kepada kafilah, serta jaga sportivitas,” pungkasnya. (luk)


Tag
div>