MINGGU , 24 JUNI 2018

SYL Pastikan Jadi Tim Sukses Capres 2019

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 06 Maret 2018 11:15
SYL Pastikan Jadi Tim Sukses Capres 2019

Syahrul Yasin Limpo. (HmsSulsel)

– Setelah Masa Jabatan Gubernur Berakhir

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Masa jabatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Gubernur Sulsel, akan berakhir April mendatang. Namanyapun kian santer dikait-kaitkan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Meskipun namanya disebut-sebut dalam bursa Pilpres 2019, SYL enggan menanggapinya terlalu jauh. Ia hanya memastikan, dirinya akan bergabung dalam tim sukses salah satu kandidat presiden.

“Soal disebut sebagai bakal calon wapres, saya tidak mau komentar lebih soal itu. Yang jelas saya kalau sudah selesai, pasti menjadi salah satu tim dari calon presiden,” kata SYL, Senin (5/3).

Untuk menetapkan kepada siapa dukungannya, SYL pun enggan membeberkan lebih jauh. “Saya tidak mau bilang kepada siapa dukunganku, yang jelas saya siap menjadi orang yang ikut memenangkan presiden, soal itu saya tidak jawab,” lanjutnya.

Sebelumnya, pendekatan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengajak SYL untuk bergabung di Partai NasDem. Posisi yang terhormatpun dijanjikan Paloh untuk SYL.

“Surya Paloh itu sudah lama sekali kenal sama saya. Yang jelas, landasan idealisme yang berpihak pada kepentingan rakyat, untuk negeri untuk bangsa, saya mau. Jadi tidak boleh, kalau saya digeser sebelah kiri atau kanan,” terangnya.

Namun, untuk mendapatkan jabatan tinggi di pemerintah pusat, SYL mengklaim bahwa dirinya masih layak. Apalagi, sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), seluruh gubernur di Indonesia masih sejalan dengan pemikirannya.

“Saya sampai sekarang masih ketua asosiasi gubernur. Di rakernas kemarin saya minta mundur, tapi semua sepakat jangan dulu. Artinya apakah itu tanda-tanda baik atau tidak, yang jelas 33 gubernur kompak dan mampu menyatu dengan saya. Bahkan mereka minta fatwa Presiden. Kepentingannya rakyat dan negara, saya tidak pernah pilih-pilih, tidak pernah minta jabatan,” tegasnya.

Dukungan agar SYL berkiprah di tingkat nasional, juga datang dari Gubernur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Prof Dr Ermaya Suradinata SH MH MS. Hal tersebut ia sampaikan usai menyerahkan penghargaan Astha Brata Madya Utama Pamong Praja, di Jatinangor, Jawa Barat, pekan lalu.

“Dalam kepemimpinan Pak Syahrul selama dua periode, beliau itu bersih dan patut diteladani. Saya berharap, beliau bisa menjadi pemimpin tingkat nasional yang bisa diteladani, khususnya oleh pamong praja,” kata Prof Ermaya. (*)


div>