SABTU , 16 DESEMBER 2017

Tahan Imbang Juventus di Turin, Barcelona Melaju ke 16 Besar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 23 November 2017 11:12
Tahan Imbang Juventus di Turin, Barcelona Melaju ke 16 Besar

Lionel Messi cs bermain tanpa gol di kandang Juventus. Tapi, hasil itu cukup meloloskan mereka ke babak 16 besar dan pasti sebagai juara grup (AFP)

TURIN, RAKYATSULSEL.COM – Barcelona memastikan tiket 16-besar Liga Champions 2017-2018 usai menahan imbang Juventus tanpa gol di Turin, Kamis (23/11) dini hari WIB. Tambahan satu angka membuat Barcelona mengoleksi 11 poin dari 5 laga dan dipastikan menjadi juara Grup D.

Pada laga pamungkas, Juventus berpeluang menyamai poin Barcelona. Itu dengan syarat Barcelona kalah saat menjamu Sporting CP dan Juventus menang di kandang Olympiacos Piraeus. Namun, posisi puncak tak akan goyah lantaran Barcelona unggul head to head dari Juventus. Pada pertemuan pertama di Camp Nou, Blaugrana mampu menang 3-0 dan di Turin berakhir 0-0.

Bagi Juventus sendiri, hasil imbang tersebut membuat mereka harus menentukan nasib pada matchday pamungkas. Maklum saja, pada saat bersamaan, Sporting mampu menang 3-1 atas tamunya, Olympiacos. Juventus mengumpulkan 8 angka, sementara Olympiacos mengoleksi 7 angka.

Barcelona bisa dibilang tak merasakan trauma setelah pada 11 April 2017 atau di Liga Champions musim lalu, kunjungan ke Turin berakhir dengan kekalahan 0-3. Itu terjadi pada leg pertama perempat final. Kala itu, dua gol Paulo Dybala dan satu gol Giorgio Chiellini membuat gawang Marc-Andre ter Stegen koyak tiga kali. Lionel Messi cs pulang dengan kepala tertunduk.

Blaugrana pun disingkirkan Juventus setelah pada leg kedua di Camp Nou berakhir imbang tanpa gol. Namun, tak ada deja vu dalam laga kali ini. Trauma pun tak berbekas pada diri para pemain Blaugrana. Mereka tampil percaya diri dan mampu menguasai permainan dengan penguasaan bola hingga 62%.

Memang tak ada gol yang tercipta meski mampu melepaskan 8 tembakan. Namun, hasil 0-0 sudah cukup membawa Barcelona melenggang ke semifinal. Dalam laga ini, pelatih Blaugrana, Ernesto Valverde, baru memainkan Messi pada menit 56 menggantikan Gerard Deulofeu.

Sementara itu, Dybala dan Gonzalo Higuain seolah mati kutu di hadapan lini pertahanan Barcelona yang dikawal duet Gerard Pique dan Samuel Umtiti. Hingga 90 menit laga, mereka tak mampu menodai gawang Ter Stegen.

Toh, lolosnya Barcelona ke knock-out ditandai dengan rekor minor. Untuk pertama kali di pentas Liga Champions, Barcelona meraih hasil 0-0 dalam dua laga beruntun. Pada matchday 4, Barcelona juga bermain tanpa gol saat mengunjungi markas Olympiacos. Sebuah pencapaian yang sebelumnya tak pernah dialami klub sekelas Blaugrana.

Juventus 0-0 Barcelona
SUSUNAN PEMAIN
Juventus: 1-Gianluigi Buffon, 4-Medhi Benatia, 12-Alex Sandro, 15-Andrea Barzagli, 24-Daniele Rugani, 5-Miralem Pjanic (Bentancur 66′), 6-Sami Khedira, 7-Juan Cuadrado (Cuadrado 71′), 11-Douglas Costa (Matuidi 85), 9-Gonzalo Higuain, 10-Paulo Dybala
Pelatih: Massimiliano Allegri

Barcelona: 1-Marc-André ter Stegen, 2-Nélson Semedo, 3-Pique, 19-Lucas Digne, 23-Samuel Umtiti, 4-Ivan Rakitic, 5-Busquets, 8-Iniesta (Jordi Alba 82), 15-Paulinho, 9-Luis Suárez, 16-Gerard Deulofeu (Lionel Messi 56′)
Pelatih: Ernesto Valverde

(epr/JPC)


div>