RABU , 21 NOVEMBER 2018

Tahun ini, Pemkab Luwu Timur Salurkan 340 Ekor Sapi Ke 17 Kelompok Ternak

Reporter:

Ibrahim

Editor:

Iskanto

Senin , 29 Oktober 2018 17:16
Tahun ini, Pemkab Luwu Timur Salurkan 340 Ekor Sapi Ke 17 Kelompok Ternak

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didampingi Kadis Pertanian, H. Muharif

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur melalui Dinas Pertanian akan menyalurkan 340 ekor sapi bagi 17 kelompok ternak. Guna melancarkan proses pendistribusian sapi tersebut, para penerima mengikuti pertemuan di Dinas Pertanian Luwu Timur, Senin (29/10/2018).

Pertemuan sosialisasi itu dibuka Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didampingi Kadis Pertanian, H. Muharif, yang diikuti 17 kelompok ternak penerima bantuan.

Kepala Dinas Pertanian, H. Muharif mengatakan, untuk tahun 2018 ini sebanyak 340 ekor sapi akan diserahkan kepada 17 kelompok ternak yang terdiri dari 14 kelompok penerima sapi penggemukan dan 3 kelompok untuk pengembangan sapi dengan program Inseminasi Buatan (IB).

Lanjut Muharif, program bantuan sapi ini cukup berhasil. Pasalnya, di tahun 2017 lalu sebanyak 120 ekor sapi kelompok penggemukan sudah diberikan kepada enam kelompok. Bahkan beberapa kelompok ternak sudah berhasil menjual sapi tersebut.

“Alhamdulillah usaha kelompok ternak sudah berhasil, bahkan mereka juga telah berhasil menjual sapi tersebut,” katanya.

Bantuan hibah sapi ini, kata Muharif, diharapkan dapat meningkatkan populasi hewan ternak khususnya sapi di Luwu Timur, sekaligus memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat peternak di Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler saat menyampaikan arahannya mengatakan, bantuan sapi bagi kelompok ternak ini memang merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang dijabarkan dalam 119 program.

“Target dari program bantuan sapi ini memang ditujukan untuk menjadikan Luwu Timur sebagai salah satu daerah pemasok ternak di Sulawesi Selatan. Ini harapan kita semua,” kata Husler.

Bupati juga mengharapkan kepada para penerima ternak nantinya bisa semaksimal mungkin memelihara ternak yang diberikan Pemerintah Daerah. Menurutnya, bantuan usaha ternak tersebut akan meningkatkan pasokan ternak didaerah sehingga tidak perlu lagi mendatangkan pasokan daging dari daerah lainnya. (*)


div>