RABU , 23 MEI 2018

Tahun Ini, Sidrap Target Raih Adipura

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 24 September 2012 11:55

SIDRAP – Belum pernah meraih piala adipura membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap penasaran. Tidak salah tahun ini pemerintah dan masyarakat  Sidrap bertekad lebih serius memboyong piala tersebut ke daerah berjuluk Bumi Nene Mallomo. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Sidrap, Ir H Dollah Mando, saat dihubungi harian Rakyat Sulsel, Minggu (23/9) kemarin.

“Empat tahun berturut-turut kita tercepat dalam realisasi PBB, begitupun dalam penetapan APBD. Tapi piala adipura belum bisa kita gapai,” ujar Dollah Mando

Menurut Dollah, jika ditangani lebih serius serta melibatkan seluruh komponen, peluang meraih piala bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan itu cukup terbuka.

“Jika daerah lain bisa, pasti kita juga bisa, tergantung bagaimana upaya yang kita lakukan, kita juga jangan malu belajar dari daerah lain yang telah berhasil,” jelasnya.

Untuk itu, Dollah mengingatkan seluruh unsur terkait terus bekerjasama dan berkoordinasi demi kesuksesan Sidrap dalam penilaian nantinya. “Saya ingatkan agar selalu berkoordinasi dan saling mengisi, dengan begitu saya pikir apa yang selama ini menjadi hambatan bisa terselesaikan,” pesan Dollah.

Sebagai langkah nyata menyongsong Penilaian Adipura tersebut, pada Jum’at (21/9) lalu, Dollah melakukan rapat kepada jajaran SKPD. Dalam rapat itu, Dollah mengimbau agar kantor-kantor, sekolah dan fasilitas umum lainnya dibenahi.

Kepala Bappeda Sidrap, Sudirman Bungi, yang ditemui mengingatkan, target meraih adipura telah tercantum dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Sidrap 2008-2013.

“Jadi adipura tidak bisa dipandang sebelah mata, perlu penanganan komperehensif karena merupakan tanggungjawab kita bersama,” lontar Sudirman.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Sidrap, Hj Wardiyah Pa’mu, memaparkan 13 titik pantau yang menjadi indikator dalam lomba adipura. Titik-titik di antaranya drainase, ruang terbuka hijau, sampah, hutan kota, pasar serta tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

“Pasar dan TPA perlu perhatian besar mengingat keduanya berpengaruh besar terhadap penilaian,” ungkap Wardiyah, usai rapat guna menyongsong penilaian adipura yang dijadwalkan sekitar Oktober-November 2012 mendatang. (k10/dj/C)


Tag
div>