RABU , 12 DESEMBER 2018

Tak Kenal Waktu, Dukcapil Makassar Manfaatkan Hari Libur Layani Warga

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Ridwan Lallo

Selasa , 27 Februari 2018 18:53
Tak Kenal Waktu, Dukcapil Makassar Manfaatkan Hari Libur Layani Warga

Nielma Palamba

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, terus menggenjot perekaman e-KTP jelang Pilkada serentak 27 Juni mendatang.

Program jemput bola sejak 2017 lalu terus dimaksimalkan oleh instansi yang dinakhodai oleh Nielma Palamba tersebut. Bahkan, Nielma Palamba memanfaatkan waktu libur setiap hari (Sabtu) melayani warga untuk perekaman e-KTP di 15 kecamatan yang ada di Kota Makassar.

“Saat ini memang banyak peminat warga untuk perekaman e-KTP, mungkin jelang pilkada. Ada juga keperluan lain,” kata Nielma Palamba Selasa (27/2).

Nielma mengatakan tak hanya perekaman, sejumlah layanan kependudukan juga diadakan diakhir pekan, seperti layanan surat keterangan (Suket) KTP, administrasi Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Kartu Anak Makassar.

Catatan Disdukcapil Makassar, sekitar 1000 lebih perhari melayani warga. Bahkan waktu yang digunakan saat libur mulai pukul 10.00 Wita sampai selesai di kantor camat masing-masing.

“Kami maksimalkan layanan perekaman sekarang di semua kantor kecamatan setiap hari. Khusus hari sabtu pukul 10.00 wita sampai selesai. Sekitar 1.000 lebih perhari, apalagi antusias warga di kecamatan luar biasa,” katanya.

Untuk warga yang ada di pulau, seperti di Barangcadi, pihaknya telah menyiapkan alat perekaman. Dengan begitu warga kepulauan yang ingin merekam e-KTP atau KK, bisa langsung ke lokasi yang disiapkan Dukcapil tanpa harus ke daratan seperti dulu.

“Ada alat perekaman juga kami siapkan di Pulau Barangcadi, kebanyakan warga perekaman di malam hari. Karena siang masih aktivitas lain seperti melaut atau lainnya. Selain itu disesuaikan malam karena aliran listrik sebagai penunjang,” pungkasnya. (*)


div>