SELASA , 23 OKTOBER 2018

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Tarif Jalan

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 08 September 2015 13:37

PENULIS: LUKMAN

CITIZEN REPORT, RAKYATSULSEL.COM – Jalan raya merupakan sarana transportasi darat yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya untuk mecapai tempat tujuan yang diinginkan. Bagi masyarakat jalan raya adalah akses yang sangat dibutuhkan karena aktivitas masyarakat pada umumnnya dilakukan di darat. Semua masyarakat sangat menginginkan jalan raya yang layak untuk dilewati oleh kendaraan.

Akan tetapi masih ada saja jalan raya yang kondisinya sangat memprihatinkan, seperti halnya jalan raya yang menghubungkan Soppeng-Barru-Makassar, tepatnya di Dusun Tompo Lemo-Lemo Kab. Barru.

“Jalanan ini mulai rusak sejak Januari 2015 akibat adanya longsor. Biaya perbaikannya ditanggung oleh masyarakat setempat, mereka bergotong royong untuk memperbaikinya, sehingga masyarakat memasang tarif untuk setiap kendaraan yang ingin melewati lokasi tersebut,” tutur Rahmania, Warga Dusun Tompo Lemo-Lemo yang ditemui oleh Crew LPM Violet di rumahnya.

Aktivitas warga sangat banyak dihabiskan di lokasi tersebut semenjak jalanan tersebut rusak. Dengan demikian penghasilan warga tersebut akan bertambah dari hasil tarif yang dikenakan untuk setiap kendaran yang melewati jalanan tersebut.

“Pernah ada kabar bahwa pemerintah ingin memperbaikinya pada bulan Mei kemarin. Tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki,” tambah Rahmania.

Jalan yang rusak tentunya sangatlah merugikan untuk masyarakat, selain dapat menganggu kelancaran lalu lintas hal itu juga dapat menyebabkan kecelakan lalu lintas.

“Saya jadi takut untuk menggunakannya karena jalannya hanya dibangun seadanya oleh masyarakat setempat. Seharusnya pemerintah menjadikan ini sebagai prioritas utama untuk diperbaiki sebelum terjadi kecelakaan lalu lintas mengingat jumlah kendaraan yang lewat di jalan ini cukup banyak,” jelas Arya Jaka Putra salah satu pengguna jalan yang merupakan mahasiswa fakultas teknik elektro Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar.


div>