Tak Lengkap, KPU Parepare Kembalikan Berkas NasDem

PAREPARE, RAKSUL.COM- Setelah dua partai yang dinyatakan belum lengkap, kini berkas Partai Nasional Demokrat (NasDem) Parepare dikembalikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dokumen NasDem yang diserahkan Ketua DPC Partai NasDem Parepare Faisal Andi Sapada kepada KPU Parepare dikembalikan langsung pada hari yang sama usai dicek kelengkapannya saat penyerahan di kantor KPU Parepare, Jumat, (13/10/2017).

“KPU Parepare telah menerima Partai NasDem dalam proses penyerahan salinan keanggotaan pada jam 10.17 Wita, dengan jumlah lampiran 2 F2 parpol sebanyak 181, salinan KTA 180, dan e-KTP sebanyak 18. Dinyatakan tidak lengkap dengan menyerahkan checklist,” urai Hasruddin Husain, Divisi Hukum KPU Parepare melalui grup WhatsApp (WA) Humas KPU Parepare, Jumat, (13/10/2017).

Kegiatan penyerahan tersebut dihadiri Carlos Husain dan sejumlah kader dan simpatisan NasDem Parepare.

Sebelumnya, dua partai yang telah menyerahkan berkas salinan keanggotaan, masing-masing Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Parepare pun dinyatakan tidak lengkap. KPU Parepare mengembalikan berkas tersebut dan mengimbau partai untuk segera mengembalikan berkas dengan batasan akhir 16 Oktober, pukul 24.00 Wita.

“KPU Parepare optimis Parpol di Parepare akan menyerahkan keanggotaan sebelum batas akhir penyerahan tanggal 16 Oktober 2017, pukul 00.00 Wita. Ini karena Parpol sangat aktif melakukan asistensi ke KPU terhadap kendala yang terjadi pada persiapan penyerahan dan penerimaan keanggotaan,” jelas Hasruddin kepada RakyatSulsel.com.

Ditanya mengenai kendala yang dialami parpol dalam kelengkapan keanggotaan, Hasruddin Husain membeberkan dua kendala yang kerap terjadi, yaitu ketidaksesuaian antara lampiran model 2 F2 Parpol tentang daftar nama dan alamat parpol, dan sinkronisasi updating data keanggotaan daru DPP, DPW dan DPC Parpol yang kadang tidak sesuai.

Sementara, dihubungi terpisah, Sekretaris DPC Partai NasDem Parepare Heri Ahmadi mengklaim jika partai NasDem telah lengkap. Hanya saja kata Heri, ada salinan KTP yang tertinggal, sehingga pihaknya sementara memuju kantor KPU untuk menyertakan kembali berkas yang kurang.

“Sudah lengkap, ada satu salinan KTP yang tercecer di tempat fotocopy tadi. Anggota kami sementara menuju ke KPU untuk melengkapi dan memperlihatkan bukti fisik,” jelasnya. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here