RABU , 25 APRIL 2018

Tak Masuk DPS, Adukan via WA

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Kamis , 05 April 2018 10:30
Tak Masuk DPS, Adukan via WA

Ilustrasi. foto: jpg

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel fokus pada perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk mempercepat proses perbaikan, KPU Sulsel membuka layanan pengaduan via aplikasi WhatsApp, di nomor 0823 1076 7117 dan 0811 440 5035.

Komisioner Divisi Data KPU Sulsel, Mardiana Rusli, mengatakan, KPU Sulsel telah menetapkan DPS dari hasil pemutakhiran Daftar Penduduk Pemilih Pemula Potensial (DP4), pada Maret lalu. DP4 Sulsel 2018 yang diserahkan Kemendagri 6.872.982 pemilih. Sementara DPS Sulsel yang ditetapkan KPU 24 kabupaten/kota sebesar 5.928.809.

“Jika dikalkulasi, ada sebanyak 944.173 pemilih yang dicoret dari DP4 karena Tidak memenuhi Syarat (TMS) dengan bermacam kategori. Antara lain karena telah meninggal, data ganda, berpindah domisili, atau tidak memiliki identitas kependudukan seperti nomor KTP,” bebernya.

Ia mengungkapkan, perbaikan DPS menjadi DPT akan dilakukan hingga Mei mendatang. Pihaknya sebagai penanggungjawab telah membuka informasi layanan via WA. Tetapi, sebelum mengakses ini, masyarakat diimbau lebih dulu mengecek data diri pada laman https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dps/1/nasional.

“Dari aduan tersebut, KPU Sulsel mengecek secara mendalam data kependudukan. Hasil kerja disampaikan kepada pengadu paling lama 3 x 24 jam. Saat mengadu, masyarakat juga harus menyertakan berkas salinan dokumen kependudukan seperti KTP elektronik atau surat bukti perekaman data,” tuturnya.

Apakah pemilih yang tidak terdaftar di DPT bisa menggunakan KTP elektronik di TPS untuk memilih? Mardiana menjelaskan, pihaknya sudah memberikan informasi menggunakan pengeras suara, dengan turun hingga ke lorong-lorong.

“Untuk ke TPS nanti, warga sisa bawa KTP elektronik di TPS,” ujarnya. (*)


div>