Tak Perlu Diganti, Kartu BPJS Kesehatan Lama Tetap Digunakan Selama Masih Aktif

PAREPARE, RAKSUL.COM- Bagi peserta
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang masih memegang kartu bentuk kartu lama, masih dapat difungsikan selama kepesertaannya masih aktif.

Informasi ini disampaikan Kepala UPMP4 (Unit Pengendali Mutu Pelayanan dan Penanganan Pengaduan Peserta) BPJS Kesehatan Cabang Kota Parepare, Ade Eka Satria, Jumat, (13/10/2017).

“Kartu lama masih bisa digunakan selama kepesertaannya masih aktif,” jelas Ade Eka Satria.

Diuraikannya, lima jenis kartu BPJS Kesehatan, seperti kartu lama, JKN-KIS, Askes, E ID, dan Jamkesda memunyai fungsi yang sama, hanya saja berbeda bentuk.

Kesemuanya kata Ade, sapaan pria berkacamata ini, dapat digunakan jika peserta pemilik kartu tersebut masih tercatat aktif sebagai anggota, sehingga peserta tidak perlu mengganti dengan model yang baru.

“Namun, apabila ada yang mau mengganti, nomornya tetap sama dan data peserta yang lengkap akan diupdate sehingga kami memerlukan Fc KK untuk mencocokkan datanya,” urai Ade.

Namun jika ada peserta yang ingin melakukan penggantian kartu, lanjutnya, Ade mengimbau agar para peserta dapat membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) agar data peserta dapat divalidasi.

“Misalnya Jamkesda, apabila warga masih memakai kartu tersebut dan ingin mengganti menjadi KIS, harap membawa kartu lama dan Fc KK. Kalau datanya masih aktif akan dicetakkan kartu baru,” pungkasnya. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here