SELASA , 22 MEI 2018

Tak Piawai Berbohong dan Bebas Korupsi, Alasan Datu Luwu Kenapa Inginkan IYL-Cakka

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 11 Mei 2018 16:02
Tak Piawai Berbohong dan Bebas Korupsi, Alasan Datu Luwu Kenapa Inginkan IYL-Cakka

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM –Datu Luwu ke-20 La Maradang Mackulau Opu To Bau mengungkap alasannya kenapa lebih menginginkan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) memimpin Sulsel.

Usai menerima secara adat IYL-Cakka secara adat di Istana Luwu, Jalan Andi Mackulau, Palopo, Jumat (11/5/2018), La Maradang menyebut jika pasangan ini memahami appa sulapa. Yang diadalamnya tak piawai berbohong, apalagi ingin memakan uang rakyat alias korupsi.

“Itu sulapa appa. Kejujuran. Malempu, magetteng, macca dan warani,” kata La Maradang usai menerima IYL-Cakka yang secara khusus datang mappesabbi di Kedatuan.

Dijelaskan secara rinci, malempu dalam artian bahasa Indonesia adalah jujur. Magetteng adalah konsisten. Macca adalah pintar dan warani, itu berani.

“Itu semua adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan tatanan adat yang ada di Sulawesi Selatan. Bukan hanya ke rakyat, tapi juga kepada pemimpin harus memegang teguh itu,” kata dia.

“Itu adalah pesan-pesan dari kitabnya leluhur, bahwa seorang pemimpin itu harus jujur, seorang pemimpin itu harus tegas, seorang pemimpin itu harus melindungi masyarakatnya dan harus pintar serta kaya,” imbuhnya.

Tapi kaya, lanjutnya bukan dalam banyak uang. Tapi kaya dalam arti batinnya yang kaya. Olehnya, dia mengaku merestui dan mendukung pasangan yang menggunakan tagline “Bersama Membangun Sulsel” itu.(*)


div>