SELASA , 12 DESEMBER 2017

Tak Terpengaruh Tekanan, IYL-Cakka Puji Konsistensi Demokrat

Reporter:

Muhammad Alief

Editor:

Muh Sophian AS

Selasa , 21 November 2017 18:20
Tak Terpengaruh Tekanan, IYL-Cakka Puji Konsistensi Demokrat

Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni`matullah berfoto bersama Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, usai Rapat Majelis Tinggi terkait usungan Demokrat di Pilgub Sulsel 2018

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Keputusan Partai Demokrat tetap berada di pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) membuktikan jika partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini masih bebas dari berbagai tekanan.

Bila sebagian parpol diduga masih di bawah “telunjuk” penguasa, dan mementingkan politik transaksional, Demokrat justru tampil beda. Di bawah kendali SBY, pengambilan keputusan partai ini benar-benar berjalan demokratis. Tidak ada kesan otoriter, apalagi sampai memaksakan sesuatu. Semua tetap harus melalui keputusan majelis tinggi yang beranggotakan sejumlah politisi senior di partai berlambang Mercy ini.

Itu sebabnya, pengambilan keputusan Demokrat mendapat sanjungan dari Ichsan Yasin Limpo (IYL) saat memberikan sambutan di Rakor Tim Pemenangan IYL-Cakka, sehari sebelumnya di Makassar. Di mata mantan Bupati Gowa dua periode ini, Demokrat sangat teratur dalam memutuskan sikap di pilkada.

“Terus terang, saya pernah di Golkar dan saya ikuti proses pengambilan keputusan di Demokrat. Jujur, Demokrat merupakan partai yang sangat apik dan teratur soal pengambilan keputusan. Kita harus akui itu,” puji IYL yang sebelumnya diberikan surat tugas oleh DPP Demokrat.

Sebelum penentuan resmi yang diputuskan majelis tinggi DPP Demokrat, Selasa (21/11) hari ini, IYL sempat mengungkapkan jika peluang mendapat rekomendasi DPP masih dinamis. Apalagi, sejak dulu sampai sebelum rapat majelis tinggi, masih ada upaya pihak tertentu yang mencoba mengganggu internal Demokrat.

Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni`matullah mengatakan bahwa proses pengambilan keputusan mengusung IYL-Cakka, berdasarkan pertimbangan kecenderungan politik yang saat ini terjadi menjelang Pilgub Sulsel. “Tadi siang sekitar pukul 14.00 WIB, saya dipanggil masuk ke ruang rapat Majelis Tinggi di Perpustakaan kediaman Bapak SBY, di Cikeas, untuk membahas dan memutuskan kandidat yang akan diusung oleh Partai Demokrat pada Pilgub Sulsel nanti,” ujar Ni’matullah, melalui siaran persnya, usai mengikuti rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Ia juga mengungkapkan bahwa Partai Demokrat Sulsel mendapat giliran ke-5 dari 17 Provinsi di Indonesia yang akan melaksanakan Pemilihan Gubernur. Dalam rapat Majelis Tinggi yang dipimpin langsung oleh SBY tersebut berlangsung sekitar 36 menit, akhirnya memutuskan secara bulat dan sah mengusung paket IYL – Cakka pada Pilgub Sulsel 2018.

“Setelah mengklarifikasi sejumlah hal yang berkembang terkait wacana-wacana seputaran Pilgub Sulsel mendatang, akhirnya menghasilkan keputusan bahwa Partai Demokrat utuh mengusung pasangan IYL-Cakka di Pilgub Sulsel,” tandas Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Terpisah, Ketua Desk Pilkada Partai Demokrat, Selle KS Dalle, membenarkan hasil rapat di Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut, ia menegaskan bahwa apa yang menjadi keputusan dalam rapat tersebut sudah final. “Iya sudah diputuskan dalam rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat dan keputusan tersebut sudah final,” singkat Selle

“Ketua Umum Partai Demokrat yakni bapak SBY menyampaikan dalam rapat Majelis Tinggi, jika ada kader yang menolak dan tidak patuh melaksanakan putusan ini, Ketua DPD Demokrat Sulsel diberi hak penuh untuk mengambil langkah organisasi dan segera melaporkan ke DPP,” tambahnya. (*)


Tag
  • Iyl-cakka
  •  
    div>