Tambah Libur, Sanksi Menanti PNS | Rakyat Sulsel

Tambah Libur, Sanksi Menanti PNS

Kamis , 23 Agustus 2012 09:24
Total Pembaca : 283 Views
TAUTOTO TANARANGGINA, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel

Baca juga

TAUTOTO TANARANGGINA, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel

RAKYAT SULSEL . LIBUR panjang atau cuti bersama Idul Fitri 1433 H untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah berakhir. Hari ini, mereka diwajibkan kembali masuk kantor dan beraktivitas seperti biasa. Namun, terkadang ada saja PNS yang malas dan berusaha menambah jadwal libur mereka. Bagaimana sikap Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel terhadap fenomena tersebut? Berikut petikan selengkapnya.

 

+ Cuti bersama Idul Fitri 1433 H telah berakhir Rabu (22/8). Bagaimana sikap BKD Sulsel terhadap PNS yang menambah libur atau bolos?

Kalau ada PNS yang bolos setelah masa libur atau cuti bersama Idul Fitri ini, maka kami akan berikan sanksi. Seluruh PNS di lingkup Pemprov dilarang menambah libur serta diwajibkan kembali beraktivitas seperti biasa pada Kamis (23/8). Kalau ada oknum PNS yang tambah libur, maka kami akan berikan sanksi. Perpanjangan izin juga tidak akan kami setujui. Pokoknya seluruh PNS harus beraktivitas kembali mulai Kamis.

 

+ Bagaimana jika ada PNS yang bandel dan tetap bolos?

Seluruh PNS mulai libur sejak tanggal 17 Agustus hingga 22 Agustus 2012.Masa libur tersebut cukup panjang sehingga PNS diharapkan tidak bolos dari tugas mereka. Jika tetap bolos, kami akan memberikan peringatan secara tertulis. Hal itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No 53/2010 tentang disiplin PNS yang telah disosialisasikan oleh Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

 

+ Apa sanksi yang disiapkan sesuai PP tersebut?

Mengacu pada PP baru itu, setiap PNS yang diketahui tidak masuk dengan akumulasi selama1,5 bulan atau 46 hari dalam setahun, oknum yang bersangkutan bisa langsung diberhentikan secara tidak terhormat alias dipecat. Kalau ada yang kedapatan, akan kita berikan sanksi lisan terlebih dahulu.Tetapi jika sudah diakumulasi tidak masuk kantor selama 1,5 bulan atau 46 hari dalam setahun, kita bisa langsung memecat. Ini sesuai PP No 53/2010.

 

+ Apakah sebelumnya sudah ada pemberitahuan kepada para PNS terkait sanksi itu?

Sebelum jadwal libur atau cuti bersama, sudah ada surat edaran terkait pemberitahuan jadwal cuti bersama dan kapan mereka harus kembali masuk kantor. Jadi, saya mengimbau agar mereka mematuhi aturan yang ada dan tidak bolos kerja. Tidak ada toleransi bagi PNS yang menambah masa cuti bersama dengan alasan apapun. Intinya, mereka harus kembali masuk kantor dan beraktifitas seperti biasa pada hari kerja yang ditetapkan. (RS5/D)