SABTU , 24 FEBRUARI 2018

Tangani Abrasi dan Banjir, Dinas PU Pangkep Siapkan Rp 4,5 Miliar

Reporter:

Atho Tola

Editor:

asharabdullah

Kamis , 08 Februari 2018 12:00
Tangani Abrasi dan Banjir, Dinas PU Pangkep Siapkan Rp 4,5 Miliar

Kepala Bidang Sungai dan Pantai Dinas PU Pangkep, Kallang Ambo Dalle. Foto : Atho/RakyatSulsel

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Pangkep melalui Bidang Sungai dan Pantai Dinas Pekerjaan Umum (PU) menganggarkan Rp4,5 miliar untuk pembangunan talud dan pemecah ombak.

Hal tersebut diutarakan Kepala Bidang Sungai dan Pantai Dinas PU Pangkep, Kallang Ambo Dalle. Dia menurutkan, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan tiga titik tanggul pemecah ombak dan 20 titik pembangunan talud.

“Sudah kita siapkan, untuk tanggul akan menelan biaya Rp. 1,5 miliar, sementara talud yang tersebar pada 20 titik akan memakai anggaran Rp 2,5 miliar,” jelasnya.

Kallang menjelaskan, untuk pembangunan pemecah ombak tiga titik yang jadi prioritas, yakni tanggul sepanjang 200 meter di tempat pelelangan ikan maccini baji kemudian pesisir pulau Kulambing dan pulau Salemo.

Dia menambahkan, jika pembangunan talud dan pemecah ombak ini sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya abrasi khususnya di Maccini Baji, tidak hanya itu, tanggul tersebut akan digunakan sebagai juga jalur khusus nelayan perahu kecil.

Selain pembangunan talud dan pemecah ombak, lanjut Kallang, tahun ini pihaknya juga akan melakukan pengerukan pada empat titik di jalur sepanjang Sungai Pangkajene, yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 500 juta.

“Kita sudah kordinasi ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai, Pompengan Jeneberang, kita tunggu jadwal surveinya”, tutup Sekertaris Pemuda Pancasila Pangkep ini. (*)


div>