• Jumat, 25 April 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Target PAD Dinas PU Gowa Capai Rp 2 Miliar

Sabtu , 11 Agustus 2012 10:18
Total Pembaca : 419 Views
Ir H. Muh Amin Yakub, MSi

Baca juga

Ir H. Muh Amin Yakub, MSi

RAKYAT SULSEL . GOWA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gowa terus meningkatkan kinerjanya guna dapat ikut menambah Pendapatan Asli daerah (PAD). Tidak tanggung-tanggung target PAD yang dibebankan Pemkab Gowa setiap tahun tidak kurang dari Rp 2 Miliar. Hebatnya, Dinas PU setiap tahun mampu meraih target tersebut, bahkan mampu melampauinya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Gowa, Muh Amin Yakub mengatakan, sudah enam tahun Dinas PU Gowa mampu memenuhi target PAD yang dibebankan Pemerintah Kabupaten.

“Sejak menjadi Kadis PU enam tahun lalu, target PAD selalu bisa dicapai bahkan melampaui,” ujar Amin Yakub, di ruang kerjanya, Senin (6/8).

Terbukti, sambungnya, setiap tahun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini mendapatkan penghargaan dari Pemkab Gowa. Dia mengakui, keberhasilan meraih PAD sesuai target setiap tahun berkat niat yang baik dan kepercayaan serta kedisiplinan yang dijalankan di unit kerjanya.

Jadi, lanjut Amin, yang juga Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kabupaten Gowa, sebagai pimpinan instansi atau unit kerja tidak usah terlalu jauh mencampuri teknis pekerjaan di lapangan.

“Berikan saja kepercayaan ke bawahan untuk melaksanakannya dan pimpinan tinggal mengontrol saja sejauh mana implementasinya di lapangan,” urainya.

Menurutnya,  setiap bawahan seperti kepala bidang sudah tahu masing-masing tugas dan fungsinya (tufoksi) sebagai pembantu pimpinan unit kerjanya. “Sementara manajemen yang kita jalankan di Dinas PU Gowa, adalah manajemen yang persuasife . Artinya, pimpinan di atasnya senantiasa memberikan pemahaman kepada staf yang berada di bawah dalam melaksanakan tanggung jawab yang diamanahkan kepadanya,” tambahnya lagi.

Disinggung pemerataan pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Gowa dalam kurung waktu tujuh tahun terakhir mampu menghadirkan suasana yang kondusif. Sehingga, sejak Ichsah Yasin Limpo menjadi Bupati Gowa, hampir tidak ada protes dari masyarakat terkait pemerataan pembangunan di daerah ini.

“Setiap kecamatan diberikan porsi yang sama dengan memperhatikan intisari usulan dalam musrembang, yakni merealisasikan usulan teratas,” jelasnya. Dia juga menggambarkan, pencapaian PAD Dinas PU 2012 tercatat hingga Juni sudah mencapai 95, 17 persen.

“Hingga semester pertama PAD Dinas PU sudah tercapai Rp 1,9 Miliar. Insya Allah dalam waktu singkat dapat tuntas 100 persen,” tegasnya.  (k1/her/D)