SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Target Tinggi Parpol Baru

Reporter:

Editor:

Iskanto

Jumat , 12 Oktober 2018 07:45
Target Tinggi Parpol Baru

ilustrasi (rakyatsulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemilu 2019 mendatang menjadi ajang pembuktian bagi partai politik (parpol) baru.

Setidaknya ada empat partai politik baru yang akan bergabung dalam panggung sandiwara politik 2019 mendatang. Diantaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Berkarya dan Garuda.

Akankah Pemilu 2019 menjadi panggung unjuk kekuatan bagi empat partai baru? Atau hanya akan menjadi anak “bawang”?. Meski baru seumuran jagung, namun target tinggi mulai dipasang. Partai Berkarya Sulsel dibawah kendali Andi Patabai Pabokori menargetkan kursi pimpinan setiap DPRD.

“Daerah yang berpotensi bisa mendapatkan kursi pimpinan seperti DPRD Bone, Bulukmba, Tator, Pinrang, Makassar dan Pangkep,” ujar saat memberi semangat kepada seluruh Caleg tingkat kabupaten/kota di M-Regency Hotel Makassar Jalan Daeng Tompo, Kamis (11/10).

Menurutnya, seluruh caleg yang bernaung di partai besutan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto itu sangat berkualitas dan berpotensi merebut kursi pimpinan.

“Semua caleg memiliki potensi, ada dari birokrat dan ada juga dari partai lain yang pernah duduk menjadi anggota DPRD kemudian bergabung dengan Partai Berkarya,” jelasnya.

Ia pun menegaskan akan memperlihatkan kepada partai-partai lain jika mereka mampu merebut kursi pimpinan. “Kita akan buktikan, kami tidak mau kalah dengan partai lain,” tegasnya.

Ia juga meminta seluruh caleg agar lebih banyak melakukan silaturahmi kepada masyakrat. “Silaturahmi sangat penting. Banyak silaturahmi menambah rezki, memperpanjang umur dan ini juga merupakan amanah ummat Islam jika kita dianjurkan memperbanyak silaturahmi,” terangnya.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Berkarya, Badaruddin Picunang meminta kepada seluruh caleg kabupaten/kota agar berkoordinasi dengan caleg untuk DPR RI agar ambang batas parlementary treshold (PT) bisa terpenuhi.

Ketua Partai Berkarya Makassar, Yusuf Gunco optimis bisa meraih kursi pimpinan di DPRD Makassar. “Setelah melihat bakal caleg masing-masing dapil setiap partai. Saya sangat meyakini Partai Berkarya melampaui partai papan atas sekarang ini,” kata Yugo demikian ia biasa disapa.

Eks politisi Golkar itu mengaku, optimisme partai dipimpinnya itu menjadi penyemangat bagi seluruh kadernya untuk bekerja maksimal di Pileg. “Saya berkeyakinan, Partai Berkarya masuk ke dalam unsur pimpinan DPRD Makassar,” jelasnya.

Yugo menegaskan, partai harus fokus untuk mencari suara agar bisa meraih target tersebut. “Kita tak bisa berhitung kalau suara partai keseluruhan tak besar,” demikian kata Yugo.

Sementara Ketua PSI Sulsel, Fadly Noer menegaskan akan berusaha mendapatkan suara yang banyak dan mendudukan kader di setiap dapil. “Kita targetkan setiap kabupaten/kota maupun provinsi masing-masing satu fraksi,” katanya.

Terkhusus DPRD provinsi, PSI akan berusaha bisa mendapatkan kursi pimpinan. “Untuk DPRD Sulsel kita targetkan pimpinan,” sebutnya.

Dirinya beralasan, jika komposisi Caleg PSI yang ada saat ini memiliki potensi mendulang suara, setelah pihaknya melakukan survei internal. “Kita sudah patahkan kekuatan internal,” sebutnya.

Fadly memberikan contoh, pada pileg 2014 lalu, NasDem partai pendatang baru mampu mendapatkan kursi pimpinan. “Periode lalu NasDem dapat pimpinan dengan 7 kursi, PSI saat ini target 10 kursi,” tutupnya. (E)


div>