KAMIS , 26 APRIL 2018

Tb Di Gowa Meningkat

Reporter:

a. saeni

Editor:

Arif S

Jumat , 23 Maret 2018 15:57
Tb Di Gowa Meningkat

Wasor P2KDinas Kesehatan Gowa, Hendra Dini, saat melakukan presentase Tb.

GOWA, RAKYATSULSEL.COM—–  Penyakit Tuberculosis (Tb) di Kabupaten Gowa rupanya mengalami peningkatan yang cukup siqnifikan. Kalau sebelumnya hanya 1.545 kasus selama 2017,  kini naik dari 2016 yang tercatat 1.339 kasus.

“Data jumlah 11penderita Tb sebanyak itu dihimpun dari 18 Puskesmas di wilayah Gowa. Jadi bagus, semakin banyak ditemukan terjangkit TB berarti menambah peluang bisa disembuhkan,” kata Wasor P2K Dinas Kesehatan Gowa, Hendra Dini, saat Sosialisasi dan Edukasi TB di Baruga Karaeng Pattingalloang, Jumat (23/3/2018)

Hendra Dini mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan pengobatan ke Puskesmas jika terjangkit penyakit TB, karena pemeriksaannya gratis.

“Saya harap segera laporkan jika ada hal aneh yang terjadi ditubuh seperti batuk selama dua minggu atau lebih, keluar keringat dingin setiap saat tanpa sebab yang jelas, demam tidak terlalu tinggi, nafsu makan menurun yang mengakibatkan berat badan menurun,” tambah Hendra.

Pemerintah berharap, 2030 Gowa bebas TB. Makanya, diminta kerjasama semua pihak agar penyakit menular ini segera diberantas.

“Kedepannya saya berharap, semoga semua yang hadir disini bisa berkomitmen mensukseskan eliminas TB 2030 untuk indonesia, dari Gowa untuk Indonesia, Gowa Bebas TB,” katanya.

Sosialisai & edukasi ini dihadiri oleh para Camat, Ketua PKK, Kepala Puskesmas se Kabupaten Gowa, Organisasi Masyarakat (Ormas) seperti, Aisyiah, Muhammadiyah dan Penggiat TB.(*)


Tag
div>