SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Tempo Diretas, Rizieq Shihab Makin Ngetop

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 11 Mei 2017 13:51
Tempo Diretas, Rizieq Shihab Makin Ngetop

Tampilan situs Tempo.co yang diteras. foto: net

JAKARTA – Halaman situs Tempo.co diretas dan tidak bisa menampilkan informasi berita selama hampir 7 jam terhitung sejak Kamis (11/5) dinihari hingga pagi tadi.

Laman tersebut menampilkan gambar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) M Rizieq Shihab yang sedang memimpin aksi massa. Namun, begitu di bagian bawah poto tersebut berisi tulisan ‘bebaskan Ahok’. Tulisan ini tentu bertentangan dengan alur pergerakan Rizieq yang kontra dengan Ahok dalam kasus penistaan agama.

Menanggapi peretasan ini, pengamat politik dari Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaikKOPI) Hendri Satrio menyimpulkan ada empat hal pesan tersirat dari aksi ini.

“Pertama, peretasnya sedang unjuk gigi,” ujarnya, Kamis (11/5).

Simpulan kedua, aksi peretasan ini justru semakin membuat nama Rizieq Shihab makin terkenal. Pasalnya, wajah Rizieq dipampang di laman situs tersebut. Bahkan jika diketik di mesin pencari Google, tertulis ‘TEMPO.co: hacked by Rizieq Shihab’.

“Jadi Rizieq justru makin ngetop,” sambungnya.

Ketiga, lanjutnya, ada kemungkinan security situs Tempo memang lemah sehingga bisa mudah dipermainkan para peretas.

[NEXT-RASUL]

Sementara pesan terakhir yang bisa dipetik adalah pengelola negara yang tidak pandai dalam menyelesaikan masalah sampai tuntas, utamanya perseteruan antara Ahok dan Rizieq Shihab dalam kasus penistaan agama.

“Padahal ini kan cukup jelas dicitrakan terusan Pilkada Jakarta yang lalu,” pungkasnya.

Adapun saat ini, laman situs Tempo sudah bisa diakses seperti biasa. (rmol)


div>