SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Terbentur Aturan, Panwaslu Belum Bisa Bertindak

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 11 September 2012 11:41
Terbentur Aturan, Panwaslu Belum Bisa Bertindak

Supriyanto, Ketua Panwaslu Sulsel

Supriyanto, Ketua Panwaslu Sulsel

RAKYAT SULSEL . MESKI hingga kini ada indikasi pelanggaran selama proses pendaftaran dan deklarasi kandidat Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, namun  pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sulsel belum bisa bertindak lantaran terbentur aturan.

Menurut ketua Panwaslu Sulsel, Supriyanto, hingga kini, pelanggaran tak bisa ditindak lantaran masing-masing kandidat belum berstatus calon yang sah untuk maju dalam Pilgub.

Berikut wawancara Harian Rakyat Sulsel dengan Ketua Panwaslu Sulsel Supriyanto, malam tadi.

 

+ Apa tanggapan Anda tentang potensi pelanggaran Pilgada Sulsel terkhusus jelang Pilgub?

– Tak bisa dipungkiri untuk Pilgub Sulsel banyak ditemukan pelanggaran, namun hingga saat ini pelanggarannya masih sebatas pelanggaran etik.

 

+ Seperti apakah pelanggaran etik itu?

– Pelanggarannya seperti mengadakan sosialisasi berupa pemasangan baliho atau spanduk di tempat umum dan tempat ibadah. Ini tidak bisa ditindak karena mereka belum menjadi calon.

 

+ Bagaimana dengan adanya temuan mobilisasi PNS?

– Kalau terkait mobilisasi PNS memang ada aturan yang mengatur tentang itu, namun hingga saat ini kami belum mendapat laporan dari masyarakat terkait itu.

 

+ Kok ada ya PNS yang ikut dalam deklarasi kandidat?

– Kalau yang itu, ada memang indikasi PNS yang turut serta dalam deklarasi. Hanya saja kami terbentur aturan. Hingga saat ini masing-masing kandidat masih belum  berstatus calon.

 

+ Apa harapan anda terkait maraknya PNS yang terlibat politik praktis?

– Kami hanya berharap, semoga para PNS tetap menjunjung tinggi prinsip netralitas sebagai aparatur negara. Kami juga berharap, bila para kandidat telah ditetapkan menjadi calon, persoalan mobilisasi PNS ini bisa ditiadakan. (RS12/D)

 


Tag
div>