SABTU , 20 OKTOBER 2018

Terbitkan Ijazah Mahasiswa yang Terancam DO, Unismuh Salahkan Kemeristek

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 26 Februari 2016 02:20

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unismuh Makassar, Samhi Muawan Djamal mengakui bila mahasiswinya, Nurwahidah tercatat namanya sebagai sarjana di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sejak tahun 2013. Padahal Nurwahidah masih kuliah malah terancam drop out (DO).

Dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Kemenristek itu, Nurwahidah lulus dengan Nomor Ijazah: 939/091004/35/2013.

“Itu benar. Adanya status mahasiswa tersebut sudah lulus, sebenarnya kesalahan pusat (Kemenristek). Kita disini tidak pernah menjual ijazah. Bahkan rektor bilang sama saya siap dipenjara kalau terbukti Unismuh jual ijazah palsu, ” ujarnya menanggapi tudingan itu.

Menurutnya, pihak Kopertis harus menindak lanjuti masalah ini ke pusat. Sebab, kata dia, prosedurnya dari Universitas ke Kopertis lalu ke pusat. “Kalau Kopertis tidak bisa, kami dari Unismuh yang akan langsung ke pusat ” ucapannya.

Sementara Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Hawignyo mengatakan, terbitnya nomor ijazah tersebut murni kesalahan Unismuh Makassar. “Itu murni kesalahan operator Unismuh. Pihak operatornya yang salah menginput data, ” ucapnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya momor ijazah 939/091004/35/2013 hanyalah kesalahan data sehingga tidak ada bisa dikatakan sebagai ijazah palsu. “Karena ijazahnya tidak pernah diterbitkan, ” ujarnya. “Yang bisa terbitkan ijazah adalah pihak kampus, jadi kalau ada terbit ijazah, itu masalah PTS-nya”

Ia menambahkan, saat ini pihak Unismuh telah menyurat pada Kopertis untuk melakukan perbaikan data ke pihak Kemenristek Dikti. Namun, ia mengaku belum bisa memproses hal tersebut “Suratnya sudah sampai. Tapi operator Kopertis dan saya masih di Jakarta. Jadi, kami harus kembali dulu ke Makassar untuk memprosesnya,” tutupnya.

Sebelumnya diberikan, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Makassar, Nurwahidah, terancam Drop Out (DO) dari kampusnya. Namun anehnya, nama dan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) mahasiswi ini terdaftar sudah lulus setelah dicek di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sejak tahun 2013.

Berdasarkan data di PDPT, nama Nuwahidah dengan NIM 10535331208 telah berstatus Lulus sejak tanggal 31 Mei 2013. Ijazahnya pun terdaftar dengan nomor 939/091004/35/2013.

Nuwahidah yang dikonfirmasi mengenai masalah tersebut mengaku sudah melaporkan hal itu ke staf fakultas. Namun, jawaban yang diterima adalah kemungkinan ada kesalahan penginputan data. “Jawabannya di Fakultas, mungkin ada salah penginputan data,” ujarnya, Jumat (19/2/16).

Ia mengaku saat ini terancam DO karena tidak bisa menyelesaikan kuliahnya hingga batas waktu yang ditentukan. Namun, dari pihak kampus memberi kebijakan untuk memberikan surat pindah ke kampus lain.


div>