SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Terbukti “Sakti”, Setya Novanto Pantas Dampingi Jokowi

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 26 Mei 2017 22:07
Terbukti “Sakti”, Setya Novanto Pantas Dampingi Jokowi

Setya Novanto, Ketua Terpilih Golkar 2016-2019.

JAKARTA – Wacana mencalonkan Ketua Umum Golkar, Setya Novanto, menjadi pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019 masih bergerilya.

Ketua Dewan Pembina Golkar, Aburizal Bakrie, dalam Rapimnas Golkar di Balikpapan, beberapa hari lalu, mengonfirmasi bahwa rencana itu terus dimatangkan.

“Pasca Rapimnas kemarin, akhirnya keinginan itu tidak terbantahkan dan tidak bisa ditutup-tutupi lagi,” kata politikus muda Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, kepada wartawan, Jumat (26/5).

Menurut dia, keinginan Golkar itu akan sangat mempengaruhi konstelasi politik partai secara nasional, terutama bagi partai-partai politik pengusung dan pendukung Jokowi sejak 2014. Langkah Golkar yang sejak awal mendukung Jokowi sebagai Capres 2019, dan kini menggaungkan nama Novanto sebagai calon wakilnya, pasti membuat PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PKB, dan Partai Hanura sangat “gerah”.

“Hal ini merupakan strategi untuk meningkatkan elektabilitas, mendompleng popularitas dan elektabilitas Pak Jokowi. Secara politik itu sah-sah saja, apalagi saat ini Golkar sedang ditimpa banyak masalah terkait isu korupsi,” ujar Ahmad Doli.

Dia berpendapat, jika Setya Novanto berhasil “lolos lagi” dari jerat isu korupsi E-KTP maka Novanto yang paling tepat untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Alasannya, pertama, Setya Novanto pasti masih menjabat Ketua Umum yang merupakan jabatan tertinggi di Partai Golkar.

[NEXT-RASUL]

Kedua, kelihaian Setya Novanto lolos berkali-kali dari jeratan hukum menunjukkan bahwa dia adalah orang yang sangat kuat dan mampu membangun komunikasi politik yang sangat baik dengan Presiden Jokowi.

“Tentu chemistry yang kuat sangat diperlukan bagi sebuah pasangan Capres-Cawapres. Namun, tentu itu semua kembali terpulang kepada Pak Jokowi sebagai Calon Presiden 2019,” demikian Ahmad Doli. [ald]


div>