SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Terima Gelar Doktor H.C, JK Harap UMI Berkembang Lawan Gejolak Zaman

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 23 Juni 2018 14:03
Terima Gelar Doktor H.C, JK Harap UMI Berkembang Lawan Gejolak Zaman

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla diberikan gelar oleh Rektor UMI, Masrurah. Foto: Suryadi/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bertepatan milad ke-64 Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Wakil Presiden RI, H. M Jusuf Kalla menerima gelar penganugerahan doktor kehormatan yakni, Honoris Causa (HC) dalam bidang pemikiran politik islam.

Pemberian gelar tertinggi itu diberikan oleh UMI Maakassar kepada orang nomor 2 indonesia ini di Auditorium Al Jibra Kampus II UMI Makassar, Sabtu (23/6/2018).

Jusuf Kalla dalam pidato menyampaikan, penganugerahan gelar Dr. (H.C) kepada dirinya dalam bidang Pemikiran Politik Islam khususnya tentang prinsip islam bagi penguatan semangat kebangsaan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya penguatan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang di cintai.

Menurutnya, sesuai dengan judul pidato disertasi (Aktualisasi Prinsip Islam dalam Penguatan Semangat Kebangsaan), JK menegaskan, eksistensi UMI ini sendiri merupakan salah satu bentuk aktualisasi prinsip Islam dalam semangat kebangsaan.

Lanjut JK, dari nama kampus UMI, terlihat jelas ini adalah universitas Muslim, bukan Muslim dari mana-mana atau tempat lain, tetapi Muslim Indonesia secara tegas dan eksplisit menyebut Muslim Indonesia.

“Kenyataan ini menunjukkan bahwa para pendiri UMI sejak dari ide pendirian dan pembentukannya baik eksplisit maupun implisit telah berpikir dan berorientasi kepada umat Muslim bangsa Indonesia dan tanah air Indonesia. Prinsip Islam dan semangat kebangsaan,” tuturnya.

Menurutnya, penganugerahan gelar ini juga bertepatan dengan ulang tahun UMI, karena itu saya ingin mengucapkan selamat atas peringatan hari lahir atau Milad ke 64 UMI.

Dengan usia 64 tahun, lanjut pengusaha sukses berlatar politik ini. Ia berharap, UMI menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di tanah air dan dan berkembang di tengah perubahan dan gejolak zaman. (*)


div>