KAMIS , 19 JULI 2018

Terinspirasi Kemajuan Kota, Google Bakal Gelar SSO di Parepare

Reporter:

Editor:

Niar

Sabtu , 03 Maret 2018 00:06
Terinspirasi Kemajuan Kota, Google Bakal Gelar SSO di Parepare

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Sebuah sayap nirlaba perusahaan mesin pencari internet, Google yang dinamai Google.org, bekerjasama dengan Information and Communication Technology (ICT) Watch, ECPAT Indonesia dan Yayasan Sejiwa bakal menggelar seminar dan kelas workshop yang dikemas dalam program Smart School Online (SSO).

Kegiatan yang akan dihadiri ratusan peserta dari pelajar tingkat SMP, SMA atau sederajat, guru, orangtua, komunitas literasi, pemerhati anak, dan stake holder ini, digelar 19 hingga 21 April 2018 mendatang, di Hotel Bukit Kenari, Kota Parepare.

Selain terinspirasi dari ketokohan Presiden III Prof BJ Habibie, putra kelahiran Parepare yang dikenal dengan sebutan Bapak Teknologi, dipilihnya Parepare sebagai lokasi seminar dan workshop SSO lantaran kemajuan kota yang dinilai berkembang pesat.

Hal ini dikemukakan Event Organizer (EO) Consultant Google.org, Hendra Revellino dan Budi Setyono saat ditemui di Cafe dan Resto Teras Empang, Parepare, Jumat, (2/3/2018) malam.

“Di Parepare ini sangat maju, tata kotanya juga sangat bagus. Ini salah satu indikator kami memilih Parepare menggelar SSO, satu-satunya di Sulawesi. Di sini sekolah yang ditemui responnya bagus. Ada beberapa tempat yang kami temui ok tapi mereka tidak welcome, berbeda dengan Parepare,” ungkap Hendra Revellino yang juga Operating Director www.sistempirantidestinasi.com.

Hendra menyebutkan, selain Parepare pihaknya juga menggelar kegiatan yang sama di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Cirebon, Kupang, Ambon, Pontianak, Banyumas, Palembang, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

“Dalam workshop, kita akan mengupas tentang isu hoax, bullying, pornografi, penggunaan medsos dengan bijak, dan bagaimana menjadi warganet cerdas di zaman now,” papar Hendra.

Sementara rekannya, Budi Setyono menguraikan tujuan seminar dan workshop digelar, yaitu membangkitkan antusiasme para pelajar berpartisipasi aktif dalam gerakan Digital Literacy. Selain itu juga bertujuan untuk menguatkan literasi digital pada para orangtua dan guru agar mampu mendampingi dan melindungi anak anak dengan cara-cara yang positif dan efektif

“SSO menjadi bagian dari “Peta Jalan Perlindungan Anak Indonesia di
Internet”. Keamanan anak-anak di dunia online, terhindar dari segala konten negatif serta berbagai jenis
adiksi di dunia online, yang membahayakan mereka. Membangun komunikasi yang erat, terbuka dan menyenangkan antara anak kepada orangtua maupun guru, maupun antar anak-anak sendiri, dan keterlibatan orangtua dan guru dalam membangun anak-anak yang ceria, percaya diri, cerdas, mandiri dan berkarakter, baik di dunia nyata maupun di dunia online,” detail Budi, yang juga Guru SMA 1 di Yogyakarta ini. (nia)

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Arifuddin Idris mengaku bangga dengan dipilihnya Parepare sebagai tuan rumah pelaksanaan seminar dari Google.

“Kita patut berbangga karena daerah Parepare satu-satunya di Pulau Sulawesi. Tentu ini peluang yang baik untuk memperkenalkan daerah kita,” pungkas Arifuddin. (nia)


div>