SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Terkait Limbah Medis RS, Sekda Jeneponto Minta Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Muhammad Alief

Rabu , 01 Agustus 2018 11:57
Terkait Limbah Medis RS, Sekda Jeneponto Minta Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jeneponto, Syafruddin Nurdin.

JENEPONTO, RAKYATSULSEL.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jeneponto menuding limbah medis yang berserakan di area Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lanto Daeng Pasewang, adalah tanggung jawab rekanan atau pihak ketiga dalam hal penanganannya.

Padahal, limbah medis yang berserakan di dalam area RSUD dapat membahayakan pasien, pengunjung, tenaga medis yang bertugas dan tentunya masyarakat yang tinggal di area RSUD.

“Limbah medis berdasarkan laporkan Direktur RSUD itu sudah dipihak ketigakan,” kata Syafruddin Nurdin, Rabu (1/8).

Bahkan menurut Sekda bergelar Doktor ini, harusnya pihak ketigalah yang harusnya dipertanyakan. Mengapa hingga sekarang limbah medis belum dibersihkan untuk diangkut, lalu kemudian dimusnahkan.

“Sekarang yang mau dipertanyakan pihak ketiganya, kenapa tidak melakukan pengangkutan dan penghancuran itu. Kalau sudah dipihak ketigakan berarti tanggung jawabnya ada pada pihak ketiga,” tambahnya.

Sekedar diketahui, selain menimbulkan penyakit bagi manusia, hewan dan tanaman, limbah medis juga dapat menimbulkan kerusakan harta benda.

Hal ini dapat disebabkan oleh garam – garam terlarut (korosif,karat) yang terkandung dalam air berlumpur yang dapat menurunkan kualitas bangunan di sekitar RSUD. (*)


div>