RABU , 15 AGUSTUS 2018

Ternyata Jubah Merah Santa Claus untuk Promosi Coca Cola?

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Rabu , 25 Desember 2013 10:35
Ternyata Jubah Merah Santa Claus untuk Promosi Coca Cola?

sumber: int

RAKYATSULSEL.COM – Tidak banyak yang tahu bahwa tokoh fiksional Santa Claus mengenakan jubah berwarna merah dipadu putih sebagai bagian dari promosi Coca Cola. Sebelumnya Santa Claus disebutkan mengenakan jubah warna-warni.

Menurut situs politico.com dalam kuis yang digelar untuk menyambut perayaan Natal tahun ini, adalah aktor Haddon Sundblom yang pada tahun 1930 pertama kali mengenakan jubah merah Coca Cola ketika berperan sebagai Santa Claus. Iklan Coca Cola itu disebarkan secara massif dan langsung mengubah keyakinan orang mengenai sosok Santa Claus.

Asal usul Santa Claus sudah barang tentu termasuk hal yang ditanyakan dalam kuis itu.

Politico.com mengutip pernyataan Profesor Laura Nasrallah dari Harvard University yang mengatakan bahwa Santa Claus yang punya nama asli Saint Nicholas lahir dari keluarga Yunani di belahan dunia yang kini dikenal sebagai Turki. Karena itu, Santa Claus tidak bisa disebut berkulit putih.

Namun dia juga mengatakan bahwa pertanyaan mengenai warna kulit Santa Claus adalah omong kosong karena Santa Claus hanya tokoh fiksional.

Lantas bagaimana dengan kewarganegaraan Santa Claus.

Di tahun 2008, demikian Politico.Com, Menteri Kewarganegaraan Kanada, Jason Kenney, secara formal memberikan kewarganegaraan Kanada kepada sosok Santa Claus.

“Pemerintah Kanada mengucapkan selamat kepada Santa dalam menjalankan tugas Malam Natal dan ingin mengatakan kepadanya, sebagai warganegara Kanada, ia memilik hak secara otomatis untuk memasuki kembali wilayah Kanada segera setelah tugas keliling dunia selesai dilakukan,” ujar Kenney kala itu.

Dari kuis itu pun terungkap bahwa anak-anak di Amerika Serikat sering meninggalkan susu dan coklat untuk Santa Claus yang mengunjungi rumah mereka di tengah malam. Sementara anak-anak di Inggris dan Norwegia meninggalkan pie.

The Daily Mail yang dikutip Politico.Com dalam salah satu edisi mengatakan bahwa Santa Claus mengkonsumsi begitu banyak pie setara dengan 150 miliar kalori, ini berarti 60 ribu kali lebih banyak dari yang seharusnya dia konsumsi.

Juga disebutkan bahwa anak-anak di Irlandia meninggalkan bir Guinness untuk Santa. (RMOL)


Tag
  • Santa Clause
  •  
    div>